Keren! Pekon Hujung Jadi Tujuan Studi Banding Desa Asal Bogor 

Medialampung.co.id – Menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi Kabupaten Lampung Barat, terutama Kecamatan Belalau dimana salah satu pekonnya, yaitu Pekon Hujung, menjadi wilayah tujuan studi banding yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sukmajaya, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Kamis (13/1).

Beberapa hal yang ingin dilihat dan dipelajari ialah mengenai pengelolaan destinasi wis ata religi Gunung Pesagi, proses arsitektur cagar budaya lamban pesagi, termasuk mempelajari proses perawatan maupun produksi kopi sebagai produk unggulan kabupaten berjuluk Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini.

Bacaan Lainnya

Kedatangan rombongan aparatur desa yang dipimpin langsung oleh Kades Sukmajaya Ecep Surasman, S.Pd,M. M, itu disambut oleh Camat Belalau Drs Akmal Hakim, Peratin Hujung Ismet Liza, S.H, serta unsur LHP dan jajaran aparatur pekon setempat.

Dalam kesempatan itu, Kades Sukmajaya Ecep Surasman mengatakan kedatangan pihaknya adalah untuk mengetahui dan mempelajari tentang kiat-kiat pemerintah Pekon Hujung dalam menggali dan mengelola potensi wilayah yang ada dan harapannya potensi tersebut dapat di adposi dan di kembangkan di wilayahnya. 

“Disini kami mempelajari beberapa hal terutama dari sektor wisata, perkebunan kopi hingga pemberdayaan masyarakat maupun pemeirntahan pekonnya. Dan menjadi kebanggaan karena kami dapat melihat langsung kekayaan sumber daya alam yang ada, cagar budaya, hingga destinasi wisata yang ada. Dan ini menjadi kesempatan untuk melihat potensi yang mungkin dapat kami kembangkan di desa asal kami,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Belalau Drs Akmal Hakim, menyambut hangat kedatangan rombongan jajaran aparatur pemerintahan desa sukmajaya tersebut. menurutnya, Pertemuan ini selain untuk mempererat silaturahmi, juga sekaligus menjadi sarana untuk berbagi pemahaman dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kemajuan pekon.

“Di kesempatan ini juga kami sampaikan bahwa apa yang telah dicapai dan dimiliki oleh pekon di Kabupaten Lambar tak terkecuali di Kecamatan Belalau ini, mulai dari sektor pariwisata, perkebunan maupun program pemerintahan pekon sejalan dengan 7 program unggulan dan 3 Komitmen Bupati Lampung Barat,” jelasnya.

Disisi lain, Peratin Hujung Ismet Liza menyampaikan bahwa menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat dan jajaran aparatur pemerintahan pekon hujung karena dapat berbagi serta bertukar informasi, pengalaman dan pengetahuan dengan jajaran aparatur Pemerintahan Desa Sukmajaya.

“Kunjungan kerja ini diawali dengan komunikasi sekitar satu bulan lalu antara desa sukmajaya dengan pekon hujung, mereka memang menyampaikan pesan akan berkunjung kesini untuk melihat beberapa hal mulai dari pengelolaan anggaran, potensi wilayah mulai dari wisata, perkebunan dan pertanian serta beberapa potensi lainya yang ada di pekon,” jelasnya.

Menurutnya, ajang silaturahmi ini tidak hanya sampai disini, sehingga nantinya ia juga berencana akan memboyong aparatur pekon setempat untuk dapat mengunjungi Desa Sukmajaya guna mempelajari banyak hal yang mungkin dapat diterapkan di pekon hujung.

“Desa sukmajaya juga tidak kalah maju, sehingga kami pun berencana akan berkunjung kesana untuk mempelajari banyak hal yang mungkin dapat kami aplikasikan untuk kemajuan dan kemandirian pekon hujung nantinya,” imbuhnya.(edi)

Pos terkait