Kerja dari Rumah, Video Call dan Main Mobile Legend Meningkat

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Operator telekomunikasi mencatat peningkatan konsumsi data internet dari video call hingga gim Mobile Legend pada Senin (17/3). Peningkatan ini terkait dengan kebijakan bekerja dari rumah untuk mengurangi penyebaran virus corona (SARS-CoV-2).

Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia Danny Buldansyah mengatakan kenaikan penggunaan data dan layanan konvensional ini berdasarkan perbandingan dengan hari yang sama pada pekan sebelumnya.

Bacaan Lainnya



Beberapa aplikasi yang berkontribusi dalam peningkatan data traffic ini adalah WhatsApp, YouTube, Facebook, dan Mobile Legend.

Danny mengatakan WhatsApp biasa digunakan untuk melakukan conference call dan video call oleh pekerja yang bekerja dari rumah.

“Trafik layanan konvensional seperti voice call meningkat sebesar 5 persen hingga 10 persen dan data traffic meningkat sebesar 15 persen higga 20 persen. Lonjakan data traffic ini memuncak justru di luar jam sibuk, yaitu pada pukul 06:00 sampai 12:00,” kata Danny dalam keterangannya, Selasa (17/3).

Secara umum, rata-rata penggunaan data untuk melakukan video call di jaringan Tri terjadi selama 30 hingga 60 menit. Selain Whatsapp, platform video call yang banyak digunakan adalah Google Hangouts adalah 3MB, Zoom sebesar 90MB, dan Webex sebesar 750MB.

Dihubungi terpisah, Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan trafik data layanan XL Axiata meningkat sebesar 15 persen pada Selasa (17/3) dibandingkan rata-rata penggunaan data harian pekan lalu.

“Trafik data naik sekitar 15 persen di peak hour selama jam 10.00 WIB hingga 12.00 WIB tadi (17/3),” ujar Tri.

Sementara Telkomsel mengaku sejak adanya himbauan pemberlakuan bekerja atau belajar dari rumah oleh sejumlah Pemda di Indonesia, trafik komunikasi pelanggan Telkomsel mengalami lonjakan, terutama untuk trafik payload layanan data yang meningkat hingga 5 persen dibandingkan hari normal.

Sedangkan untuk trafik layanan voice dan SMS stabil seperti hari biasa.

“Lonjakan trafik payload secara nasional dikontribusi dari kenaikan di wilayah operasional (secara berurut) Regional Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jabotabek dan Sumatera Bagian Tengah,” jelas Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel lewat keterangan tertulis.

Adapun Head of Corporate Communications Indosat Turina Farouk juga mencatatkan adanya kenaikan trafik data sejak anjuran Pemerintah RI untuk bekerja dan belajar di rumah kemarin, meskipun tidak memberikan angka kenaikannya.

“Kami memastikan pelanggan tetap bisa menikmati layanan telekomunikasi terbaik dari Indosat Ooredoo dengan kapasitas jaringan dan paket yang telah disiapkan untuk menunjang program work from home,” kata Turina.(cnn/mlo)



Pos terkait