Kesbangpol Lambar Gelar Koordinasi Forum Diskusi Politik

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Dalam rangka memberikan bekal, pengetahuan dan pemahaman terkait bantuan Partai Politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Kesbangpol setempat menggelar koordinasi forum-forum diskusi politik kabupaten Lambar tahun 2019, di aula Rumas sakit alimudin umar, Kamis (04/07).

Staf ahli bupati bidang pemerintahan, Ruspan Anwar mewakili bupati Lambar Parosil mabsus dalam kata sambutannya sekaligus membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Parpol memiliki beberapa fungsi utama dalam kehidupan bernegara, selain sebagai sarana rekrutmen untuk mengisi jabatan politik, Parpol juga berfungsi sebagai pendidikan politik bagi masyarakat luas agar menjadi warga negara yang sadar akan hak dan kewajibannya, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Bacaan Lainnya



“Pasca reformasi Parpol di Indonesia memiliki wajah-wajah baru. Parpol kini lebih demokratis, bebas dari komtrol birokrasi, dan bukan lagi sebagai alat penguasa untuk melanggengkan kekuasaan. Harus di akui, kehidupan berpartai kini berjalan ke arah yang lebih baik. Namun euforia demokrasi nyatanya telah mereduksi fungsi Parpol. Masyarakat sekarang mengenal Parpol hanya sebagai alat untuk mencapai kekuasaan, masyarakat berpartisipasi dalam politik hanya Lima tahun sekali,” kata Ruspan.

Dipaparkan Ruspan, mesin-mesin politik hanya dinyalakan setiap Lima tahun sekali pada pemilihan legislatif dan presiden, dan masih banyak indikator lain yang di pakai untuk menjelaskan fenomena tidak ideal tersebut. Kondisi seperti ini jelas kontraproduktif dengan semangat demokrasi yang menjadi cita-cita bersama. Masih banyak fungsi Parpol penting lainnya, salah satunya pendidikan politik bagi masyarakat. Oleh karena itu, dia mengajak kepada pimpinan Parpol, untuk mendefinisikan kembali fungsi peran Parpol dalam masyarakat adat.

“Saya berharap forum diskusi politik tahun 2019 dapat menemukan kolaborasi dan inovasi untuk menjawab persoalan-persoalan politik kita dan akan lebih meningkatkan kesadaran politik masyarakat di kabupaten Lambar,” tutup Ruspan dengan dilanjutkan membuka secara resmi koordinasi forum diskusi politik kabupaten Lambar tahun 2019.

Dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber perwakilan Kesbagpol Provinsi Lampung Fajar, perwakilan DPRD Lambar ismun Zani, sekretaris KPUD Lambar Munandar dan Peserta dari 10 Parpol yang memiliki wakil di DPRD Lambar. (nop/mlo)



Pos terkait