Ketersediaan Daging di Pesawaran Jelang Idul Fitri Masih Aman

  • Whatsapp
Dinas Pertanian Pesawaran saat mengecek ketersediaan dan keamanan daging di Pasar Sukaraja

Medialampung.co.id – Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran memastikan ketersediaan daging hewan masih dalam kategori aman jelang Idul Fitri tahun ini.

“Ketersedian daging hewan masih dalam kategori aman jelang Idul Fitri, karena di Pesawaran, sentral produsen daging ada Kecamatan Tegineneng, Negerikaton dan Gedongtataan,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Anca Martha Utama, melalui Kepala Bidang Peternakan dan Keswan Dedy Noviansyah, Kamis (22/4).

Bacaan Lainnya

Dikatakan, keamanan pangan guna mengantisipasi daging celeng, pihaknya rutin berkomunikasi dengan para pedagang, sehingga daging celeng atau pun oplosan tidak bisa masuk ke pasar pasar Pesawaran. 

“Dan biasanya harga daging celeng atau oplosan harganya jauh lebih murah dibanding dengan daging sapi yang saat ini mencapai Rp120 ribu hingga Rp140 ribu per kilogram,” ucapnya.

Selain itu, kesehatan hewan pun menjadi salah satu prioritas dalam pemeriksaan ketersedian pangan di wilayahnya. 

“Kita akan periksa dan kita berikan label, nanti pada H-10 kita akan bentuk tim untuk ketersediaan pangan khususnya daging dan H-7 kita sudah turun ke tiap pasar, peternak sapi sampai ke tempat pemotongan hewan,” ujarnya.

Terkait dengan besarnya permintaan, lanjut Dedi, pihaknya belum mencatatnya, namun, karena kondisi pandemi ini, tentunya juga mempengaruhi permintaan daging.

“Sehingga bisa juga masyarakat mengalihkan pembelian daging sapi ke daging ayam,” imbuhnya.

Untuk itu, Dinas Pertanian Kabupaten Pesawaran juga akan memeriksa kesehatan hewan yang biasanya diperuntukan guna kebutuhan arisan daging.

“Kita nanti akan cek kesehatan hewannya, dan kita akui ini agak sulit, karena mereka (arisan daging) memotong hewan secara pribadi, namun akan kita temukan, karena kita akan berkoordinasi dengan pedagang hewan atau pun peternak sapi setempat,” tandasnya.(ozi/mlo)


Pos terkait