Ketua PWI Lampura Ingatkan Wartawan Utamakan Keselamatan

  • Whatsapp
Ketua PWI Cabang Lampura, Jimi Irawan

Jimi melanjutkan, mengutip dari hasil percakapan melalui video conference antara Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI kepada Dewan Pers, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Pimpinan Redaksi Media Jumat kemarin malam. 

Bacaan Lainnya

Disebutkan, Pers mendapatkan perhatian pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Menkominfo RI Jhonny G. Plate berjanji menyampaikan usulan memberikan stimulus pada perusahaan pers.

Menkominfo menjelaskan, stimulus pada perusahaan pers berupa subsidi pembelian bahan baku (kertas) dan atau langkah pemberian keringanan pajak kepada pemerintah (Menteri Keuangan RI). Khususnya kepada media cetak di daerah yang kian terpuruk akibat naiknya dolar AS. 

Kondisi ini memicu kenaikan harga kertas, di lain pihak perusahaan pers juga menghadapi menurunnya pendapatan dari iklan dan berkurangnya pembeli/pembaca serta naiknya biaya operasional.

Sebelumnya diketahui di sejumlah daerah organisasi profesi dan para pimpinan media provinsi lain, mengharapkan pemerintah pusat menaruh perhatian terhadap keberlangsungan media cetak/online/televisi karena akibat berkurangnya pendapatan iklan dan tergerusnya oplah media cetak.

Kucuran dana digelontorkan pemerintah senilai Rp 405,1 triliun untuk menanggulangi pandemi corona di Indonesia. Namun, tidak ada termasuk pekerja dan media yang juga ikut merasakan pahitnya beroperasi di tengah mewabahnya virus corona di tanah air. (ozy/mlo)




Pos terkait