KKN Unila Inisiasi Pembangunan Perpustakaan Kecamatan di Rawajitu Utara

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mahasiswa KKN Unila Periode 1 Tahun 2020 telah mengadakan kerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Rawajitu Utara dalam pengadaan Perpustakaan kecamatan guna meningkatkan Literasi membaca masyarakat Rawajitu Utara.

Kegiatan ini termasuk dalam Program Kerja Kecamatan KKN Universitas Lampung Periode 1 2020 Rawajitu Utara, Mesuji. Karena berdasarkan profil Kecamatan, tingkat pendidikan di Rawajitu Utara tergolong rendah yang sebagian besar hanya lulusan Sekolah Dasar (SD), dengan mayoritas masyarakat yang berprofesi sebagaiPetani dan Nelayan.

Bacaan Lainnya



Target pengadaan perpustakaan itu sendiri antara lain mulai dari siswa sampai masyarakat pada umumnya untuk menambah wawasan dan pengetahuan baik di bidang Pendidikan maupun pertanian, perikanan, dan sosial.

“Tujuan pengadaan perpustakaan ini yaitu menjadikan kantor camat milik masyarakat sebagai sumber ilmu, inovasi, dan inspirasi, dengan begitu masyarakat tidak akan canggung dan tetap pada koridor etika,” ujar camat Rawajitu Utara Samijo.

Sementara Sekretaris BP-KKN Unila, Suparman Arif, M.Pd. mendukung penuh program pengadaan perpustakaan tersebut sebagai wujud esensi tridarma perguruan tinggi dari mahasiswa.

“Kami berikan apresiasi yang tinggi terhadap mahasiswa yang ikut berperan dalam pengadaan Perpustakaan Kecamatan Rawajitu Utara,” imbuhnya.

Fadli Adam Karim, mahasiswa akuntansi Unila selaku ketua pelaksana, menjelaskan, perpustakaan kecamatan tersebut rencananya akan diresmikan pada Senin, 12 Februari 2020 mendatang, dan dalam prosesnya mahasiswa mendapat dukungan dari Bupati Mesuji melalui Dinas Perpustakaan Kabupaten Mesuji.

“Perpustakaan ini dibangun dengan mengalih fungsikan gedung aula kecamatan, sejauh ini progressnya masih merenovasi gedung dan penyiapan fasilitas pendukung serta pengumpulan buku dari berbagai kalangan. Kami menghimbau kepada masyarakat yang ingin menghibahkan bukunya bisa menghubungi kontak yang tercantum di akun instagram @hima_seru,” terang Fadli.(ded/mlo)



Pos terkait