KKN Unila Ubah Sampah Plastik Jadi Material Bangunan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mulai saat ini jangan sia-siakan sampah plastik. Pasalnya limbah yang membahayakan lingkungan karena sulit terurai tersebut dapat didaur ulang menjadi material bangunan yang kokoh berupa bata (paving).

Pemanfaatan limbah pastik menjadi paving tersebut diperagakan cara pembuatannya oleh mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Puralaksana, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Bacaan Lainnya



Cara pembuatan paving tersebut sangat mudah dan sederhana, namun membutuhkan ketekunan. Dimana dalam proses pencetakannya, disiapkan tungku sebagai media pembakaran, plastik yang direndamkan dalam oli bekas kemudian dibalur dengan pasir kemudian dimasukkan dalam cetakan, lalu dijemur hingga kering (keras).

Kasi pemberdayaan masyarakat Damanuri mendampingi Peratin Ata menyebutkan, paving berbahan dasar plastik itu menjadi bahan bangunan yang istimewa, dan cocok digunakan untuk pembangunan taman atau sejenisnya.

“Pembuatan paving dari plastik ini bentuk kreatifitas, dengan mengajak kita semua agar memanfaatkan plastik daripada terbuang dan merusak lingkungan,” ungkapnya.

Selain pembuatan paving tersebut, KKN juga mengajarkan para ibu-ibu rumah tanggga yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) pembuatan pupuk cair dengan memanfaatkan sampah juga.

Peratin Ata menyebutkan, dengan diberikannya pemahaman seperti itu, akan memotivasi warga untuk berinovasi memanfaatkan potensi yang dimiliki, seperti pemanfaatan halaman rumah untuk kebun toga, dan pupuk yang digunakan hasil olahan sendiri, pembuatan pot dengan membuat paving dari pastik. “Keterampilan ini keliatannya kecil tapi danpaknya luar biasa,” tandas Ata. (ius/mlo)



Pos terkait