Kodim 0429/Lamtim Gelar Pelatihan Penanganan Konflik Sosial

  • Whatsapp
Pelatihan Posko Penanganan Konflik Sosial di Kodim 0429 Lamtim. - Foto humas Kodim 0429/mlo

Medialampung.co.id – Jajaran TNI siap membantu Polri dalam penanganan konflik sosial.

Hal itu disampaikan Ws. Kasrem Letkol Inf. Sahnun mewakili Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono saat memberikan materi pelatihan Posko I di Markas Kodim 0429 Lamtim, Selasa (23/6).

Bacaan Lainnya



Menurutnya, pelatihan yang berlangsung mulai 23-25 Juni 2020 itu bertujuan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam rangka operasi pemberian bantuan kepada Polres Lampung Timur.

“Dalam latihan ini akan dielaborasi aspek Komando dan pengendalian serta prosedur bantuan administrasi sebagai bagian dari kinerja satuan yang lebih besar, yang terkait dengan aspek pembinaan ketahanan wilayah,” jelasnya.

Dilanjutkan, keberhasilan latihan harus dapat diukur melalui parameter yang telah ditentukan dalam sasaran yang ingin dicapai.

Antara lain, mampu melaksanakan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku.

Kemudian, mampu melaksanakan komando dan pengendalian dalam suatu operasi bantuan kepada Polri khususnya Polres Lampung Timur. 

Selain itu, mampu melaksanakan koordinasi dan membangun sinergis dengan dengan instansi terkait. Itu guna mengatasi berbagai gejolak yang timbul sebagai akibat situasi sosial yang terjadi di wilayah Kodim 0429/Lamtim.

“Personil juga harus mampu menyiapkan dan mengaplikasikan rencana operasi dan protap satuan dalam penanganan konflik sosial,” terangnya.

Kesempatan yang sama Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis mengatakan, selama ini sinergisitas antara Kodim 0429 dan Polres Lamtim telah terjalin baik.

“Melalui pelatihan diharapkan kedepan sinergisitas antara Kodim 0429 dan Polres Lamtim semakin baik demi menciptakan situasi yang kondusif,” terang Letkol M.Darwis. (wid/mlo)



Pos terkait