Komisi III DPRD Lambar Rekomendasikan Bantuan Kursi Roda Ditambah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lambar pada tahun 2021 mendatang mengusulkan sejumlah program atau kegiatan, salah satunya akan menganggarkan dana untuk pengadaan kursi roda  guna membantu penyandang disabilitas.

Hal itu diungkapkan Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Feri Istanto pada saat pembahasan RAPBD tahun anggaran 2021 bersama Komisi III di Ruang Kerja Komisi DPRD setempat, Rabu (18/11).

Bacaan Lainnya


“Hampir setiap tahun, pemerintah daerah menganggarkan untuk pengadaan kursi roda, dan pada tahun ini jumlah bantuan kursi roda sebanyak 17 unit dan telah kita salurkan kepada warga penerima manfaat. Sementara untuk tahun 2021 mendatang, kami mengusulkan untuk pengadaan kursi roda sebanyak 20 unit, hal ini disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah,” kata Ferri.

Selain memprogramkan pengadaan bantuan kursi roda, lanjut dia, pihaknya juga memiliki kegiatan bimbingan sosial berupa pelatihan sulam bordir khusus bagi penyandang disabilitas yang masih ringan.

“Sasaran utama kegiatan ini sebagai penyemangat, dengan dikumpulkannya penyandang disabilitas tersebut diharapkan  mereka mempunyai kepercayaan diri dan nanti juga akan kita berikan bantuan alat. Selain itu juga ada  bantuan untuk Kube Paca untuk lima kelompok berupa bantuan peralatan,” kata dia 

Menanggapi hal itu,  Anggota Komisi III DPRD Tri Budi Wahyuni meminta Dinas Sosial untuk penambah jumlah bantuan kursi roda untuk penyandang disabilitas pada tahun 2021 mendatang.

Itu mengingat jumlah kursi roda yang akan dianggarkan Dinas Sosial jumlahnya masih sedikit sehingga perlu dilakukan penambahan.

“Program pengadaan kursi roda ini sangat menyentuh masyarakat jadi kami berharap agar jumlah kursi roda untuk tahun 2021 ditambah 10 unit sehingga totalnya menjadi 30 unit. Kita (Komisi III) juga akan merekomendasikan untuk penambahan bantuan kursi roda dari semula 20 unit menjadi 30 unit kepada Badan Anggaran karena ini disesuaikan dengan kebutuhan, terlebih di Kabupaten Lambar banyak warga penyandang disabilitas yang membutuhkan bantuan kursi roda tersebut,” pungkas Tri. (lus/mlo)



Pos terkait