Komunitas Boemiku Hijau Bagikan Bantuan Benih untuk KWT di Gadingrejo

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Demi mendorong partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan, Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kecamatan Gadingrejo mendapat benih sayuran, polybag dan pupuk daun, Minggu (24/10). 

Bantuan dari Komunitas Boemiku Hijau itu diberikan untuk KWT Sekar Wangi dan KWT Bunga Mas dari Pekon Yogyakarta, KWT Karya Mandiri dan KWT Bina Mandiri dari Pekon Panjerejo, kemudian KWT Ayu Tani dan KWT Sekar Wangi dari Pekon Bulurejo, dan tiga KWT dari Pekon Yogyakarta Selatan yakni KWT Dahlia, KWT Mutiara Tani, dan KWT Sekar Tani.

Bacaan Lainnya

Ketua Komunitas Boemiku Hijau Pringsewu Bambang Kurniawan, mengatakan pemberian bantuan bibit sayuran bertujuan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk kegiatan budidaya tanaman pangan.

Yakni dengan memanfaatkan lahan pekarangan, masing-masing KWT dapat menghasilkan beragam tanaman pangan lokal. Diharapkan juga produktivitas tanaman yang dihasilkan bisa menjadi sumber pendapatan. 

“Pendampingan oleh Komunitas Boemiku Hijau agar kedepan anggota KWT bisa mengelola usaha tani nya yang berorientasi pasar,” ungkapnya.

Tak hanya meningkatkan produktivitas KWT dengan langkah tersebut dikatakan Bambang juga mendukung terwujudnya ketahanan pangan di Kabupaten Pringsewu. 

Kegiatan pemberdayaan masyarakat tani yang dilakukan Komunitas Boemiku Hijau bertujuan menumbuhkan motivasi kewirausahaan anggota KWT yang di tiap-tiap pekon. 

“Agar bisa menjadi contoh bagi KWT yang lain. Budidaya tanaman dengan pemanfaatan lahan pekarangan bisa dijadikan sumber penghasilan,” harapnya.

Untuk diketahui selain bantuan bibit tanaman sayuran, KWT yang ada di Kecamatan Gadingrejo akan diberikan juga bantuan alat produksi pertanian. 

Sebagaimana hasil reses anggota DPR RI Sudin beberapa waktu lalu di Pringsewu, masing-masing KWT yang di Kecamatan Gadingrejo mengusulkan bantuan antara lain mesin cultivator, tower air, alat penggorengan, dan spinner. (sag/rnn/mlo)

Pos terkait