Komunitas Jumat Peduli Bagikan Makanan untuk Jamaah Masjid

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komunitas Jumat Peduli (KJP) kembali melaksanakan kegiatan sosial dengan membuka Booth di Masjid Hidayatul Hijrah Kavling Nunyai Jaya, Rajabasa Jaya, dan Booth Masjid Albayad, Jl. Sejahtera Rt. 18, Sumberrejo, Kemiling, Jumat (25/2).

Untuk kegiatan rutin dan penyaluran waqaf Iqro serta Al-Quran ke TPA Baiturrahim, Gg. PU. Total 25 pcs waqaf Iqro dan 21 pcs waqaf Al-Quran, Sedangkan pembagian 6 paket sembako, 4 diantaranya untuk tim booth dapur KJP 2.

Koordinator lapangan KJP Sumberrejo Sejahtera Fitri Nuraini mengatakan, untuk dapurnya sendiri hanya ada satu tempat yang berlokasi di Jalan Sejahtera Sumber Rejo Kemiling.

“Jadi tidak ada dapur lain, kita hanya menjaga agar kegiatan sosial yang dilakukan KJP tidak di salah gunakan oknum tertentu. Dan kegiatan ini tidak memaksa atau meminta kepada siapapun untuk mengumpulkan donasi atau barang,” ucapnya.

Selanjutnya kegiatan pendistribusian ke pondok atau Rumah Quran, sebulan 2 Kali dengan waktu pembagian minggu pertama dan minggu ketiga.

Program Kegiatan Komunitas Jumat Peduli selanjutnya akan dilakukan pada bulan April-Mei difokuskan pada pendistribusian donasi sembako untuk mustahik.

“Masjid Al-Bayad sendiri mendapatkan 120 kotak nasi, 40 kotak empe-empe dan 24 kue bolu untuk jamaah masjid Albayad yang jumalh mustahiknya sekitar 150 orang jamaah,” kata Fitri.

Salah satu pengurus KJP Okta menjelaskan jika kegiatan sosial yang kita dirikan ini hanya membantu masyarakat yang kurang mampu, termasuk anak-anak panti asuhan, pondok pesantren.

“Pembagian ini kita lakukan tiap jumat sesuai dengan namanya KJP,” ucapnya 

“Kami tidak menutup bagi masyarakat yang ingin membantu memberikan donasi untuk kegiatan sosial.namun kami tidak ingin ada pihak yang memanfaatkan nama baik KJP untuk suatu hal,” tegas okta.

Tanggal 15 Januari lalu, lanjut Okta, KJP memakai meja baru, kemudian pada tanggal 22 Januari 2021 akhirnya terlaksana menggunakan booth (etalase KJP), 

Pengadaan isi booth kebanyakan dari donasi grup KJP sendiri dan tidak menutup peluang dari rekan-rekan atau kerabat dan tetangga di sekitar. bagi yang ingin menyalurkan sodaqoh atau nasi jumat ke masjid.

“Kawan-kawan dari tim dapur bekerja dengan sukarela tidak pernah meminta imbalan cukup dibayar dengan ucapan terimakasih dan doa,” pungkasnya.

Terlihat para jamaah masjid sangat antusias dengan kegiatan KJP yang sudah memakai booth (etalase kaca) yang membuatnya lebih tertib dan tetap mengikuti protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan sesuai instruksi Satgas Covid-19 Kota Bandarlampung.(*/mlo)




Pos terkait