Komunitas Literasi Gandeng KPU Waykanan Sebagai Narasumber

Medialampung.co.id – Komunitas Literasi Waykanan mengadakan sosialisasi pengenalan demokrasi sejak dini bertempat di SMAN 3 Umpu Kencana, Kec. Blambangan Umpu, dengan melibatkan beberapa narasumber yaitu, Refki Dharmawan, S.H (Ketua KPU Waykanan), Nurhayati (Bawaslu) dan Agus Runcik Ketua KONI Waykanan. 

Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan, S.H  mengapresiasi penuh Eko Prasetyo selaku Ketua Pegiat Literasi Waykanan yang telah menginisiasi kegiatan tersebut, bersama dengan Kepala Sekolah SMAN 3 Umpu Kencana Nurkamil Trisutopo, M.Pd atas dukungannya dengan memfasilitasi kegiatan suluh literasi. 

Bacaan Lainnya


Kegiatan edukasi tentang pengenalan demokrasi sejak dini itu sangat penting, dikarenakan pemilih Pemula generasi penerus yang akan menentukan nasib bangsa ini 5 tahun kedepannya. 

Dalam materinya Refki menyampaikan, siapa saja yang terlibat dalam pemilu yaitu ; Komisi pemilihan umum (KPU), Bawaslu, dan DKPP sedangkan peserta pemilu adalah Partai Politik (Parpol), perseorangan (Independen) dan pemilih. 

“Sedangkan syarat menjadi Pemilih, genap usia 17 tahun/sudah menikah,sedang tidak terganggu jiwanya dibuktikan dengan suket dari dokter,tidak sedang dicabut hak pilihnya, berdomisili di daerah pemilihan dibuktikan dengan E-KTP dan tidak menjadi anggota TNI/POLRI,” tambah Refki. 

Refki juga mengatakan siswa yang sudah usia 17 tahun bisa langsung cek namanya sudah masuk di DPT atau belum melalui aplikasi berbasis Android yang dapat di unduh di google Playstore “DPT KPU LAMPUNG” atau bisa juga melalui Website di Lindungihakmu.kpu.go.id, lewat aplikasi dan web ini siswa/siswi dapat juga melakukan pengecekan data orang tuanya, kakak, atau saudara secara mandiri, memastikan kembali apakah orangtuanya sudah masuk di DPT atau belum. 

Masih kata Refki, KPU sudah menetapkan jadwal Pemilu yaitu pada hari Rabu Tanggal 14 Februari Tahun 2024 meliputi; pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Rakyat Kabupaten/Kota, dan Pilkada Serentak akan dilaksanakan hari Rabu Tanggal 27 November 2024 meliputi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Pemilihan Bupati & Wakil Bupati, Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Diharapkan siswa-siswi ikut berperan aktif dalam mensukseskan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.(sah/mlo)


Pos terkait