Kondisi Tubuh Tidak Fit, Vaksinasi Sejumlah Nakes Ditunda

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kegiatan vaksinasi Covid-19 tahap pertama yang dilaksanakan jajaran UPT Puskesmas di Kabupaten Lampung Barat bagi tenaga kesehatan (Nakes) berjalan lancar.

Meskipun beberapa diantaranya terdapat sejumlah Nakes yang untuk sementara ditunda divaksin karena kondisi tubuh sedang tidak fit atau sakit. 

Bacaan Lainnya

Seperti di Kecamatan Batubrak , dari 34 Nakes yang dijadwalkan divaksin pada Senin (1/2), 11 orang diantaranya untuk sementara ditunda karena kondisi tubuh sedang tidak fit dan diantaranya menderita darah tinggi serta mengalami flu dan batuk.  

Kegiatan yang dipusatkan di aula UPT Puskesmas setempat itu dihadiri Camat Batubrak Mat Suhyar, S.I.P, serta sejumlah unsur pimpinan kecamatan, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Kepala UPT Puskesmas Batubrak Nezwan, S.K.M, menjelaskan, kegiatan vaksinasi Nakes di jajaran UPT Puskesmas setempat berjalan lancar. Khususnya di Puskesmas itu, pihaknya mendapat alokasi vaksin sebanyak 48 dosis atau diperuntukan bagi 48 orang Nakes.

“Alhamdulillah lancar, dari 23 Nakes yang divaksin termasuk saya tidak ada gejala-gejala atau efek lain, dan untuk kegiatan vaksinasi ini dijadwalkan selama dua hari yaitu hari ini (Senin”Red) 34 Nakes dan besok  untuk 14 nakes. Tapi khusus untuk hari ini 11 orang ditunda karena kondisi tubuh kurang fit,” jelasnya. 

Dijelaskannya, pada kegiatan vaksinasi tersebut ada tahapan yang diawali melengkapi data,  selanjutnya dilakukan screening untuk memastikan seluruh Nakes dalam kondisi layak menjalani vaksinasi.

“Setelah dinyatakan layak, maka Nakes langsung divaksinasi, setelah itu dibutuhkan beberapa waktu untuk observasi. Bagi setiap Nakes yang telah divaksin akan kembali dilakukan vaksinasi tahap II 14 hari kemudian atau dilaksanakan pada 15 Februari mendatang,” imbuhnya.

Untuk itu, dengan suksesnya kegiatan vaksinasi tersebut, apabila nanti mulai dilaksanakan untuk kalangan masyarakat diimbau agar tidak takut karena vaksin yang diberikan kepada Nakes sama dengan vaksin yang diberikan untuk masyarakat.

“Disamping itu, kita juga tetap mengimbau masyarakat untuk tetap konsisten dalam mentaati protokol kesehatan karena meski sudah di vaksin bukan berarti pencegahan tidak dilakukan sehingga harus tetap memakai masker, rajin mencuci tangan dan menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi aktivitas diluar rumah,” pesannya. (edi/mlo)


Pos terkait