KONI Bengkulu Selatan Studi Banding ke Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu, melakukan study banding dalam rangka peningkatan prestasi di bidang olahraga ke Kabupaten Lampung Barat, Kamis (17/12).

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Ketua KONI Bengkulu Selatan Susga Anwar, disambut langsung oleh Ketua KONI Lambar Devi Sukartono dan jajaran pengurus serta dihadiri oleh Kabid Kepemudaan Disporapar Lambar Akmal Hakim bertempat di sekretariat KONI setempat. 

Bacaan Lainnya

Susga Anwar, di hadapan para pengurus KONI Lambar mengungkapkan, kunjungan pihaknya ke Lambar yakni dalam rangka berbagi pengalaman dan sharing, terkait dengan program-program KONI dalam rangka peningkatan prestasi atlet di seluruh cabang olahraga (Cabor) binaan.

”Kami memilih Lambar sebagai daerah tujuan, itu karena salah satunya kondisi yang mirip, mulai dari APBD maupun anggaran yang dialokasikan untuk bidang olahraga khususnya untuk KONI,” ungkap Susga Anwar.

Dikatakannya, KONI Bengkulu Selatan memiliki 23 Cabor binaan, sementara itu sumber dana yang dimiliki dalam pembinaan Cabor hanya bersumber dana hibah dari pihak pemerintah daerah.

”Kedatangan kami kesini juga untuk berbagi pengalaman, disamping terkait dengan masalah administrasi juga berkaitan dengan masalah pembinaan Cabor,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KONI Lambar Devi Sukartono menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus KONI Bengkulu Selatan yang telah datang ke KONI Lambar. Ia berharap pertemuan tersebut nantinya akan melahirkan ide-ide, gagasan dalam memajukan dunia olahraga, khususnya rangka melahirkan atlet-atlet berprestasi baik di Lambar maupun di Bengkulu Selatan.

”Di Lambar ada 25 Cabor binaan, untuk pembinaan atlet ada yang dilakukan oleh Pengkab sendiri di Lambar ada juga yang dititip di Bandarlampung,” ungkapnya, seraya menambahkan, KONI Lambar telah membentuk tim monitoring dan evaluasi terhadap seluruh Cabor, ada beberapa Cabor yang tidak aktif (kegiatan pembinaan atlet).

Sementara itu, Wakil Ketua I KONI Lambar Iwan Setiawan mengatakan, meski berada di kabupaten paling ujung di Provinsi Lampung, namun untuk prestasi Lambar beberapa kali meraih prestasi membanggakan pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

”Kalau berbicara prestasi di Lambar ini dari 2010 itu sudah beberapa kali juara II-III pada ajang Porprov, ada sejumlah Cabor yang kita unggulkan dan meraih prestasi pada sejumlah event, seperti PBVSI, Karate, Pencak Silat dan lainnya. Kemudian dukungan dari pemerintah daerah cukup tinggi, selain menyediakan anggaran pembinaan seluruh Cabor setiap tahunnya, juga sejumlah fasilitas olahraga seperti stadion yang juga dipergunakan untuk atletik, GOR yang berfungsi untuk sejumlah Cabor dan lainnya sudah dibangun pemerintah daerah,” imbuhnya. (nop/mlo)




Pos terkait