Kontes Bonsai Kelas Bintang Pertama di Sumatera akan Digelar di Kebun Raya Liwa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kabupaten Lampung Barat, akan menggelar Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak 2021, yang dijadwalkan pada 19 hingga 27 Juni 2021 mendatang yang dipusatkan di Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit.

Spesifikasi Kelas Bonsai  pada event tersebut yakni Bonsai Kelas Regional, Bonsai Kelas Madya, Bonsai Kelas Utama bahkan juga diadakan kontes Bonsai Kelas Bintang yang menjadi kontes kelas bonsai bintang pertama  di area sumatera.

Bacaan Lainnya


Ketua Panitia Gebyar Bonsai Bumi Sekala Bekhak, AF. Manurung, SH., mengungkapkan, tujuan diselenggarakannya Pameran dan Kontes Bonsai Nasional  tersebut adalah untuk meningkatkan semangat pecinta bonsai baik yang berada di Lambar dan sekitarnya maupun yang berada di daerah-daerah untuk terus tetap berkarya.

”Even ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan terhadap estetika seni bonsai yang terus berkembang, memperhatikan dan menjaga kelestarian lingkungan alam yang merupakan sumber informasi dan inspirasi di dalam berkarya dengan tanpa harus merusaknya dan meningkatkan solidaritas, saling berbagi pengetahuan dan kreatifitas dan menjalin tali silaturahmi, ujarnya.

Pameran dan Kontes Bonsai Nasional  tersebut, selain untuk intern penggemar bonsai Lambar , Pameran dan Kontes bonsai ini juga bertujuan menunjukkan kepada khalayak ramai, bahwa Lambar memiliki paguyuban bonsai yang eksis. Mensosialisasikan seni bonsai kepada seluruh masyarakat khususnya warga Lambar dan sekitarnya. 

”Selanjutnya, memberikan kesempatan kepada seluruh pencinta bonsai di Lambar untuk dapat menampilkan koleksinya atau hasil karya seni bonsainya. Mengajak masyarakat untuk menciptakan suatu kegiatan yang positif dan kreatif melalui seni bonsai di tengah kondisi dunia yang dilanda Pandemi, serta membuka peluang pasar bagi para penggemar bonsai dan membuka wawasan bahwa bonsai memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” ujarnya.

Ia melanjutkan, untuk bonsai yang akan dipamerkan pada event tersebut,  yakni Mame dengan ukuran sampai dengan 15 cm, Small ukuran 16 – 30 cm, Medium 31 – 60 cm, Large 61 – 100 cm serta Extra Large  hingga 101 cm.

”Kami mengajak kepada seluruh pecinta seni bonsai dan kolektor bonsai untuk  ikut serta dalam event tersebut, dan untuk informasi lebih lanjut bisa mengakses website resmi  PPBI Cabang Lambar di  www.Bonsailambar.com atau menghubungi nomor phonsel 082186409241 milik salah satu panitia,” bebernya.

Sementara itu Ketua PPBI Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan,  even tersebut digelar dalam rangka mendukung program pemerintah setempat di bidang pariwisata, seni dan budaya. Mendukung program pemerintah dalam menjaga lingkungan dan kelestarian alam. Mendukung program pemerintah untuk menanam pohon dan program Indonesia Hijau. Kemudian, mendukung program pemerintah dalam bidang perekonomian khususnya dibidang usaha kecil serta  turut mendukung Pemerintah dalam upaya memperoleh Adipura.

”Konsep kegiatan Pameran dan Kontes Bonsai Nasional ini pada prinsipnya merupakan ajang memamerkan hasil karya bonsai yang dimiliki oleh tiap-tiap penggemar bonsai dari Kabupaten Lampung Barat maupun Nasional. Spirit dari tema event ini adalah mengajak seluruh elemen Penggemar Bonsai lintas etnis, lintas wilayah, lintas golongan, agama, pandangan politik, hobby, atau apapun latar belakangnya untuk dapat ikut memberikan sumbangsih menumbuh kembangkan berbagai kegiatan positif sesuai passionnya dengan penuh semangat dan kreatifitas untuk turut menata Lambar agar lebih maju, hebat dan sejahtera sesuai dengan program pemerintah daerah,” pungkasnya. (nop/mlo)




Pos terkait