Kopdar Bonsai PPBI Lambar Dapat Apresiasi Bupati Hingga Anggota DPR RI

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Silaturrahmi para seniman bonsai yang dibalut dengan acara Kopi Darat (Kopdar) yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Lampung Barat, mendapat apresiasi tersendiri dari bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, hingga Anggota Komisi I DPR RI Dapil I Lampung Drs. Mukhlis Basri, yang menyempatkan diri untuk hadir dalam Kopdar   yang diselenggarakan di Omah Kayu Cafe Kelurahan Waymengaku Kecamatan Balikbukit, Sabtu (25/7). 

Kopdar sebagai pengganti agenda tahunan PPBI Lambar yakni pameran dan kontes bonsai digelar dengan sederhana. 

Bacaan Lainnya



Pakcik—sapaan Parosil Mabsus yang didampingi Wakil Bupati Mad Hasnurin menyampaikan dukungan pemerintah daerah serta menyempatkan diri untuk memberikan pencerahan kepada para seniman bonsai. 

Ia meyakini para pecinta bonsai dapat memberikan edukasi terhadap seni dan dapat mendongkrak wisata serta nilai tambah ekonomi masyarakat khususnya masyarakat di kabupaten setempat.

“Penggemar bonsai adalah seniman yang ulet merawat bonsai apalagi merawat cinta dan keluarga, tentu kami sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini,” ungkapnya. 

Terusnya, endemik jenis pohon yang  ada di wilayah Lambar dan bisa di bonsai antara lain sisiran, kaliage dan saga jika di pelihara dengan seni bonsai akan menjadi nilai estetika seni dan nilai jual yang tinggi.

“Harapan kami para komunitas pecinta Bonsai Lambar kedepannya dapat lebih ditingkatkan kembali, jika pada situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang hanya sebatas ajang Kopdar sekaligus mengenalkan kepada seluruh masyarakat, kedepannya diharapkan bisa menjadi ajang Kontes dan bahkan mencetak rekor muri,” ujarnya. 

Sementara itu, Anggota Komisi I DPR RI Mukhlis Basri menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Kopdar tersebut. Dalam kesempatan itu, ia mengajak para pecinta seni bonsai untuk bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga alam. 

“Alam akan bersahabat, bagi mereka yang juga mau bersahabat dengan alam. Keseharian manusia juga harus bersahabat dengan lingkungan sekitar, sehingga dapat menikmati lingkungan yang baik seperti menikmati tanaman bonsai yang kita perhatikan,” ujarnya. 

Ia mengaku sangat mendukung kegiatan seniman bonsai karena disamping sebagai wadah kreativitas para seniman bonsai di Lambar juga terdapat nilai ekonomi

Di lain pihak Ketua PPBI Cabang Lambar dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengatakan, Kopdar yang di ikuti oleh anggota PPBI Cabang Lambar maupun anggota Bonsai LBC sebagai wujud untuk mengobati kekecewaan tertundanya Event Kontes Bonsai Nasional yang seharusnya digelar tahun ini. 

“Kopdar dilaksanakan sarana meningkatkan semangat pecinta bonsai untuk terus berkarya, meningkatkan Pemahaman dan wawasan terhadap seni bonsai, mendukung pemerintah sebagai kabupaten konservasi, berbagi pengetahuan dan kreativitas, meningkatkan solidaritas serta sebagai sarana menjalin silaturahmi sesama penggemar bonsai,” tutupnya. (nop/mlo)



Pos terkait