Kopi Lambar Masuk 15 Besar di Ajang KKSI-XI

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si

Medialampung.co.id – Masyarakat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) patut berbangga. Pasalnya, sampel kopi yang dikirim dua petani atas nama  Inda Robbihi Mardhiya warga Pekon Tribudi Syukur Kecamatan Kebuntebu serta  Didi Harry masuk finalis 15 besar pada ajang Kontes Kopi Spesialti  Indonesia (KKSI)-XI tahun 2019 untuk kategori robusta .

“Pada ajang KKSI ke XI, ada lima sampel yang dikirim langsung oleh petani  berkoordinasi dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan, namun hanya dua yang masuk 15 besar,” ungkap  Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si, di Ruang Kerjanya, Rabu (16/10).

Bacaan Lainnya


Menurut dia, dari ratusan sampel kopi yang dilakukan penilaian pada KKSI ke-XI tersebut, sampel kopi asal Kabupaten Lambar masuk 15 besar dan ini suatu kebanggan bagi Kabupaten Lambar. Dimana untuk sampel kopi milik Inda Robbihi Mardhiya masuk dalam tipe robusta Semi Wash sedangkan sampel kopi yang dikirim Didi Harry masuk tipe robusta Full Wash.

“Untuk sampel kopi yang masuk 15 besar akan dilakukan pengujian oleh para ahli uji citarasa kopi intenasional pada Sabtu (19/10) mendatang dan mudah-mudahan sampel kopi dari Kabupaten Lambar menang pada ajang KKSI ke-XI tersebut, jadi mohon doa dan dukungan dari masyarakat Lambar,” harapnya.

Lanjut dia, dua orang petani yang mengirimkan sampel kopi tersebut merupakan petani yang selama ini mendapatkan pembinaan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Lambar. “Mereka (petani) selama ini telah mendapatkan pembinaan dari kita (Disbunnak), bahkan saat ini Inda Robbihi Mardhiya sedang mengikuti pelatihan cita rasa kopi di Bandarlampung,” pungkas dia. (lus/mlo)




Pos terkait