Korpengwil 3 Lampung Pembinaan dan PKKS di SMAN 1 Sumberjaya 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Koordinator Pengawas Wilayah Tiga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, sekaligus Pengawas Pembinaan SMAN 1 Sumberjaya Gonsar Manurung, M.Pd., melaksanakan pembinaan dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS), Kamis (18/11). 

Disampaikan Gonsar, kegiatan pembinaan merupakan rutinitas pihaknya di sekolah tersebut, sementara PKKS dilaksanakan sesuai dengan sebagaimana Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) pengawas yang berkompeten melakukan PKKS setiap satu tahun sekali. 

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya Pembinaan dan PKKS tersebut bertujuan untuk mengevaluasi dan mensupervisi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), sekaligus melihat capaian Delapan standar pendidikan nasional, diantaranya standar manajerial, standar sarana prasarana (sarpras), standar pembelajaran, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, serta beberapa lagi lainnya. 

Dalam proses evaluasinya disebutkan Gonsar nanti akan ada raport mutu SMA. Dimana dari akreditasi yang diperoleh seperti SMAN 1 Sumberjaya Akreditasi A, akan dilihat apakah dari akreditasi itu terjadi peningkatan atau justru sebalik mengalami penurunan. 

“Kalau ada kekurangan dan kelemahan alias penurunan maka tugas kami membina, untuk melengkapi apa yang masih jadi kekurangan, dan dipenuhi secara bersama-sama sekolah,” imbuhnya. 

Gonsar berpesan, dalam Pendidikan Tatap Muka (PKM) yang saat ini masih berlangsung terbatas, supaya tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Disisi lain juga selalu menumbuh kembangkan pembelajaran sebagai profil pelajar pancasila dengan mengedepankan pembelajaran yang berpusat kepada siswa serta Merdeka Belajar..

Kepala SMAN 1 Sumberjaya Satarudin, M.Pd., dengan kehadiran Koordinator Pengawas Wilayah Tiga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung, sekaligus Pengawas Pembinaan SMAN 1 Sumberjaya bisa memotivasi KBM tatap muka dimasa pandemi ini, bahkan secepatnya diperbolehkannya PTM full.

“Standar Operasional Prosedur (SOP) Prokes menghadapi PTM Full sudah kita laksanakan, bahkan beberapa waktu lalu dilakukan swab antigan untuk memantau kondisi siswa dari pihak medis Puskesmas Sumberjaya,” tandasnya. (r1n/mlo)

Pos terkait