Korsleting Listrik, Satu Rumah Ludes Terbakar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Warga Pemangku III, Pekon Kubulikujaya , Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat dihebohkan dengan peristiwa kebakaran yang menghanguskan rumah milik Sumiati (65) Rabu (18/3) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kebakaran yang diduga berasal dari hubungan arus pendek (korsleting) listrik tersebut menghanguskan seluruh bangunan berikut harta benda korban.

Bacaan Lainnya



Kuatnya hembusan angin ditambah material bangunan yang hampir keseluruhan dari kayu membuat kobaran api begitu cepat meratakan seluruh bangunan.

Peratin Kubuliku Jaya Romlan menjelaskan, peristiwa itu bermula  saat pemilik, Sumiati sedang berada di kediaman tetangganya, tiba-tiba muncul percikan api dan kepulan asap dari bagian atap rumah yang begitu cepat menyebar keseluruh bangunan.

“Diduga karena korsleting listrik, karena saat ia pergi berkunjung ke rumah tetangganya tidak ada aktivitas memasak. Awal mula api muncul dari bagian atap rumah, kemudian terus meluas hingga melahap seluruh bangunan beserta harta benda,” terang Romlan.

Lanjut dia, besarnya hembusan angin dan sebagian besar material bangunan berasal dari kayu dan papan membuat api begitu cepat menyebar keseluruh bangunan, sehingga usai peristiwa itu tidak ada satu pun harta benda milik sumiati yang berhasil diselamatkan.

“Masyarakat sekitar tidak dapat berbuat banyak karena api begitu cepat menjalar ke seluruh bangunan, alhasil tidak ada barang-barang yang bisa diselamatkan, untuk total kerugian ditaksir mencapai Rp80 Juta,” imbuhnya.

Sementara, Camat Batuketulis Sutian yang langsung melakukan peninjauan menyampaikan ucapan bela sungkawa atas musibah yang menimpa  Sumiati, ia telah yang memerintahkan pemerintah pekon untuk menghimpun kerugian dan pihaknya segera melaporkan peristiwa itu ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos).

“Kami sudah minta pekon segera menghimpun kerugian, dan segera melaporkannya ke BPBD dan Dinas Sosial agar korban segera mendapat perhatian,”kata Sutian.

Sementara, di lokasi sejumlah tim Taruna Tanggap Bencana (tagana) Pekon, TNI-Polri, serta masyarakat berjibaku membersihkan sisa-sisa material bangunan rumah yang hangus. Sementara Sumiati untuk sementara mengungsi di kediaman famili.(edi/mlo)



Pos terkait