Kotaagung, Deklarasi Pilkakon Damai

  • Whatsapp
Calon Kakon Terbaya Agus Behaki dan Mardatu Aspar menandatangani Deklarasi damai disaksikan Camat, Kapolsek dan Danramil. Foto rnn/mlo

Medialampung.co.id – Sebanyak 29 calon kepala pekon (Capekon) se Kecamatan Kotaagung mengucapkan deklarasi damai, pelaksanaan pemilihan kepala pekon serentak (Pilkakon)  yang dijadwalkan 15 April mendatang.

Deklarasi berlangsung di Gedung Fasilitas Utama (GFU) Kompleks Islamic Center Kotaagung, Jumat (13/3) disaksikan Camat Kotaagung Syarif Zulkarnain, Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono dan Komandan Koramil Kotaagung Kapten Inf Julian Abri.

Bacaan Lainnya



Ada lima point deklarasi yang dibacakan oleh para calon 1. Siap mendukung terselenggaranya pemilihan kepala pekon di Kecamatan Kotaagung yang bersih, jujur dan adil. 2.Berkomitment untuk mewujudkan Pilkakon di Kecamatan Kotaagung yang aman dan damai. 3.Menerima dan mendukung siapapun yang akan terpilih dan menjadi kepala pekon. 4 Bersedia bekerjasama sinergi dengan seluruh Stakeholder yang ada dipekon baik sebelum, pada saat maupun setelah penyelenggaraan Pilkakon serentak tahun 2020 dan point 5.Mendukung  terwujudnya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Camat Kotaagung Syarif Zulkarnain, mengatakan, deklarasi damai pilkakon serentak diikuti oleh semua calon. Dirinya berharap calon kapekon komitment dengan apa yang sudah dideklarasikan.

“Harapannya pilkakon Kotaagung ini berlangsung damai, aman dan sejuk,”ujar Syarif.

Dilanjutkan Syarif, tahapan selanjutnya setelah deklarasi adalah kampanye dimana untuk waktu dan zonanya telah ditentukan oleh panitia pilkakon ditingkat pekon.

” Dalam kampanye ini kami koordinasi dengan panitia di pekon, jadi kami sifatnya memantau, kalau ada sesutu yang ingin ditanyakan maka langsung koordinasi dengan panitia tingkat kabupaten dan kalaupun ada terjadi permasalahan maka diutamakan pendekatan secara kekeluargaan, “pungkas Syarif.

Senada, Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono meminta para calon untuk siap menang dan siap kalah serta mendukung siapapun nantinya yang terpilih.” Kita ingatkan kepada calon bahwa inilah sistem demokrasi yang kita laksanakan dimana  dalam point-poinnya harus siap menang dan siap kalah dan siap mendukung siapun yang dinyatakan sebagai pemenang,”ujar Muji.

Kemudian saat disinggung mengenai wilayah mana yang paling rawan untuk Kecamatan Kotaagung, Muji mengaku bahwa pihaknya menganggap semua pekon rawan hal ini agar para anggota kepolisian dan TNI yang memback-up keamanan tidak bersantai dan anggap enteng.

“Kita anggap semua daerah rawan agar kita tidak santai, lebih baik antisipasi dulu kemungkinan terburuknya. Kami juga sudah imbau kepada para calon untuk sama sama jaga situasi kondusif,” ujar Muji.

Sementara Danramil Kotaagung Kapten Inf Julian Abri mengatakan jika TNI siap memback-up jajaran kepolisian dalam menjaga situasi keamanan khususnya di wilayah Kecamatan Kotaagung, Kotaagung Timur dan Kotaagung  Barat.

“Kami jajaran TNI siap mengamankan jalannya pelaksanaan pilkakon  dan pada prinsipnya kami bergerak atas arahan dari Kodim 0424 Tanggamus, begitu juga untuk personel yang dilibatkan. Kami juga imbau para calon menjaga situasi kondusif, “kata Julian.

Usai pembacaan deklarasi damai dilanjutkan dengan tandatangan deklarasi damai, lalu dilakukan pula deklarasi komitmen bersama dalam rangka launching gugus tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) Kecamatan Kotaagung. (rnn/ehl/mlo)



Pos terkait