KPM di Tanjungjati Terima BLT-DD Dua Bulan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Tanjungjati Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk bulan September dan Oktober tahun 2021, kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dipusatkan di Balai Pekon setempat, Rabu (17/11).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Camat Pesisir Selatan, Nopron Yosep, S.sos, Peratin Pekon Tanjungjati, Ihsan, Ketua LHP, Alkat, perwakilan pendamping desa, aparatur Pekon serta masyarakat penerima bantuan.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Peratin Pekon Tanjung Jati, Ihsan, menyampaikan, penyaluran BLT-DD yang dilaksanakan ini merupakan tahap lanjutan di tahun anggaran 2021 ini, mengingat BLT-DD bulan Januari hingga Agustus lalu sebelumnya juga telah disalurkan, dan saat ini kembali disalurkan untuk bulan September dan Oktober, artinya untuk pencairan dua bulan. Dengan telah disalurkannya BLT-DD tersebut maka Dana Desa Tahap II sebesar 40 persen di Pekon ini telah rampung, karena dalam tahap II itu salah satu penggunaannya untuk realisasi BLT-DD.

“Dengan telah terealisasinya anggaran Dana Desa tahap II tersebut, mudah-mudahan BLT-DD untuk bulan berikutnya yakni November dan Desember 2021 bisa kembali disalurkan di pencairan tahap III,” katanya.

Sedangkan, lanjutnya, masyarakat penerima BLT-DD di Pekon ini sebanyak 11 KPM. Dimana sebelumnya, penetapan KPM BLT-DD itu berdasarkan verifikasi dan validasi yang dilakukan oleh tim gabungan, serta berdasarkan musyawarah desa khusus (Musdesus). Artinya, sudah sesuai dengan kriteria maupun aturan yang berlaku. Sehingga, pihaknya berharap kepada masyarakat agar dapat memahaminya, dan tetap menjaga kondusifitas di Pekon setempat.

“Setiap KPM mendapat bantuan sebesar Rp300 ribu perbulan. Meski tidak banyak, namun bantuan ini akan berarti jika tepat waktu, terlebih dalam kondisi sekarang ini jelas sangat dibutuhkan masyarakat, dan cukup bermanfaat,” jelasnya.

Dengan begitu, kata dia, pihaknya berharap BLT-DD yang telah diserahkan ini setidaknya bisa meringankan kebutuhan masyarakat, serta dapat digunakan sesuai dengan peruntukan dan tujuannya. Selain itu, dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini tentu pihaknya mengajak semua masyarakat untuk tetap waspada, serta tetap mengindahkan imbauan Pemerintah sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

“Kita kembali mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker maupun lainnya, karena ini untuk kepentingan bersama. Serta mengajak masyarakat agar melaksanakan vaksinasi Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Sekcam Pesisir Selatan, Nopron Yosep, mengatakan, pembagian BLT-DD ini merupakan anggaran Dana Desa tahap II, dan untuk penyaluran BLT-DD di bulan berikutnya akan kembali disalurkan setelah pencairan Dana Desa tahap III. Mudah-mudahan untuk penyaluran bulan selanjutnya bisa secepatnya kembali disalurkan kepada KPM BLT-DD di Pekon Tanjung Jati ini.

“Penyaluran BLT-DD ini untuk masyarakat yang benar-benar kurang mampu sesuai dengan kriteria BLT-DD, kita juga mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan prokes dan juga melaksanakan vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait