KPU Metro akan Kembali Aktifkan PPK dan Lantik PPS

  • Whatsapp
Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama

Medialampung.co.id – Besok (15/6) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro memulai kembali tahapan pemilihan umum kepala daerah yang sempat tertunda akibat Pandemi Covid-19.

Dimana menurut Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama, langkah pertama yang dilakukan sesuai Surat Edaran (SE) KPU RI, yaitu mengaktifkan kembali PPK dan melantik PPS.

Bacaan Lainnya



“Ya, mengaktifkan kembali PPK dan melantik PPS, tinggal pelantikan,” ujarnya kepada Medialampung.co.id, Minggu (14/6).

Sementara untuk Verifikasi Faktual calon Independen berdasarkan PKPU 5 tahun 2020 akan kembali dimulai pada 24 Juni mendatang. “Itu tanggal 24 dimulainya,” ucap Nurris.

Sedangkan, untuk penambahan anggaran KPU Kota Metro, menurut Nurris dengan prosedur pelaksanaan menggunakan protokol kesehatan, maka pihak telah mengusulkan ke Pemkot Metro.

“Kita dibantu Pemkot Metro sekitar Rp 500 juta, namun bantuannya dalam bentuk barang seperti masker, desinfektan, hand sanitizer, Thermo gun dan lainnya untuk penerapan protokol kesehatan,” tuturnya.

Mengenai anggaran Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) KPU Metro dari Pemkot Metro sekitar Rp 14 Miliar, Nurris pun menuturkan telah dicairkan sekitar 30 persen pada tahap satu lalu.

“Kemarin baru tahap satu sekitar 30 Persen, dari KPU RI dan berkoordinasi dengan Pemda setempat meminta untuk segera merealisasikan anggaran yang tersisa untuk melanjutkan tahapan,” ucapnya.

Namun menurut Nurris pihaknya tetap akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemda dan Tim gugus tugas Covid-29. “Ya, kan kondisi saat ini, Pemda juga menangani Covid-19,” imbuhnya.

Ditambahkannya, KPU Metro juga melakukan penambahan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 65 TPS. “Ada tambahan, semula 245 TPS jadi 310 TPS sekarang,” pungkas Nurris.(pip/mlo)



Pos terkait