KPU Pesbar Akan Hibahkan Ratusan Thermogun ke Pemkab 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) rencananya akan menghibahkan Barang Milik Negara (BMN) berupa Thermogun atau alat pengukur suhu tubuh yang sebelumnya digunakan KPU setempat pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pesbar tahun 2020 lalu.

Sekretaris KPU Pesbar, Doni Zulkarnaen, mengatakan rencana penyerahan hibah berupa Thermogun ke Pemkab Pesabr itu berdasarkan surat KPU Republik Indonesia No.1131/TU.01-SD/04/KPU/XII/2020 perihal penerimaan hibah barang milik Negara kepada Pemerintah Daerah. Dalam surat itu dijelaskan thermogun yang digunakan oleh Penyelenggara Pemilihan akan dihibahkan ke Pemerintah Daerah setempat.

Bacaan Lainnya


“Sehingga bisa digunakan dan dimanfaatkan pada fungsi-fungsi pelayanan di tingkat Desa/Kelurahan atau nama lainnya sebagai bagian dukungan terhadap kebijakan Pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19,” kata dia, Selasa (20/4).

Ditambahkannya, berkaitan dengan hal itu KPU Pesbar juga telah mengumpulkan seluruh thermogun yang digunakan pada pelaksanaan Pilkada 2020 mulai dari tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) atau di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Saat ini semua thermogun sudah berada di kantor KPU Pesbar, dan masih dalam proses pengecekan untuk mengetahui kondisi alat thermogun itu apakah ada yang rusak atau tidak,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, setelah proses pengecekan selesai, selanjutnya akan dihitung ulang dan di packing. Dia berharap dalam waktu dekat seluruh  thermogun itu sudah dapat diserahkan ke Pemkab Pesbar untuk dihibahkan sesuai intruksi dari KPU RI. Thermogun yang akan dihibahkan itu merupakan salah satu Alat Pelindung Diri (APD) dalam pelaksanaan Pilkada 2020 yang juga merupakan hibah dari KPU RI.

“Secara keseluruhan jumlah thermogun yang akan di hibahkan ke Pemkab Pesbar itu berjumlah 447 unit thermogun, dengan rincian dari PPK ada 11 unit, PPS ada 118 unit dan KPPS/TPS ada 318 unit,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Pesbar Marlini, mengatakan thermogun itu merupakan salah satu APD pada Pilkada Pesbar tahun 2020 lalu yang akan dihibahkan ke Pemkab Pesbar itu merupakan instruksi dari KPU RI. Salah satunya untuk mendukung pengendalian pandemi Covid-19. Sehingga setelah dihibahkan nanti untuk pemanfaatannya itu menjadi kewenangan Pemkab Pesbar.

“Kita berharap thermogun yang akan dihibahkan itu bisa ikut mendukung Pemkab Pesbar dalam pengendalian dan pencegahan wabah Covid-19 yang hingga kini belum berakhir,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait