KPU Pesbar Akan Siapkan TPS Keliling

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 mendatang di masa pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) tidak menyiapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus.

Tapi, akan disiapkan TPS keliling untuk untuk mengakomodir pemilih di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Krui dan Puskesmas serta Rumah Sakit. Bahkan jika memungkinkan TPS keliling itu juga untuk pemilih disabilitas yang ada di wilayah TPS masing-masing. Demikian dikatakan Ketua KPU Pesbar, Marlini, Selasa (15/9). 

Bacaan Lainnya



Menurutnya, sesuai instruksi dan arahan KPU Provinsi bahwa di Kabupaten Pesbar dalam pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020 mendatang bagi pemilih yang ada di dalam Rutan Krui khususnya itu tidak dibuatkan TPS khusus.

“Pelaksanaan pemungutan suara bagi pemilih di dalam Rutan Krui nanti sama dengan pelaksanaan Pemilu sebelumnya, yakni TPS keliling,” katanya.

Dijelaskannya, TPS keliling yang akan bertugas di dalam Rutan Krui merupakan TPS terdekat dengan wilayah Rutan Krui, sehingga pemilih yang ada di dalam Rutan itu masuk dalam daftar pemilih di lokasi TPS tersebut. Begitu juga untuk mengakomodir pemilih yang ada di Puskesmas maupun rumah sakit pun akan dilakukan dengan mengunjungi langsung pemilih yang dilakukan oleh petugas TPS.

“Semua dalam persiapan untuk TPS keliling tetap akan berkoordinasi dengan pengawas di TPS, Panwascam, Bawaslu dan pihak-pihak terkait lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, begitu juga pemilih disabilitas, jika memungkinkan maka tetap akan dilakukan secara keliling mendatangi ke rumah-rumah sesuai dengan lokasi TPS-nya. Dalam pelaksanaan tetap akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah Covid-19. Untuk itu, dirinya mengimbau seluruh petugas di TPS selain memaksimalkan tugasnya tetap mematuhi dan memperhatikan prokes Covid-19.

“Dengan adanya TPS keliling saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS itu mudah-mudahan semua warga Kabupaten Pesbar yang telah memiliki hak pilihnya dapat menyalurkan suaranya di Pilkada 2020,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait