KPU Pesbar Bahas Penambahan Anggaran Pilkada 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar rapat koordinasi kepada Pemkab setempat terkait tindak lanjut hasil rapat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) belum lama ini terkait dengan persiapan Pilkada serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19, di ruang rapat Sekkab Pesbar, Senin (8/6).

Ketua KPU Pesbar, Marlini, mengatakan dalam rapat koordinasi bersama Pemkab Pesbar dalam hal ini Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) itu sekaligus mengajukan usulan penambahan anggaran dalam Pilkada 9 Desember 2020 mendatang, mulai dari penambahan anggaran untuk Alat Pelindung Diri (APD) dan anggaran untuk penambahan Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bacaan Lainnya



“Awalnya, KPU Pesbar juga telah restrukturisasi anggaran Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD),” katanya.

Dikatakannya, seperti mengurangi anggaran dana perjalanan dinas, dana kegiatan sosialisasi serta dana untuk bimbingan teknis (bimtek) bagi penyelenggara. 

Sedangkan, dari hasil rasionalisasi penambahan anggaran yang akan diusulkan sebelumnya sekitar Rp3,5 Miliar, itu juga kembali dilakukan rasionalisasi menjadi Rp2,5 Miliar sesuai dengan yang dibutuhkan dalam menghadapi Pilkada 2020 di tengah pandemi Covid-19. 

“Sehingga hasil rasionalisasi terakhir sebesar Rp2,5 Miliar untuk penambahan anggaran Pilkada 2020 itu yang telah diusulkan ke Pemkab setempat,” jelasnya.

Meski begitu, kata Marlini, Pemkab Pesbar dalam hal ini TAPD juga meminta waktu untuk melakukan kajian dan pembahasan bersama tim TAPD terkait dengan usulan rasionalisasi penambahan anggaran Pilkada 2020 dari KPU Pesbar tersebut.

Karena itu kemungkinan dalam waktu dekat atau pada Rabu (10/6) nanti akan kembali menggelar rapat lanjutan bersama TAPD Kabupaten Pesbar.

“Kami berharap dalam pembahasan penambahan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2020 di Pesbar nanti tidak terkendali dan sesuai dengan harapan bersama, mengingat penambahan anggaran tersebut juga harus secepatnya terealisasi,” tandasnya.

Diketahui, dalam rapat koordinasi tersebut selain dihadiri seluruh komisioner KPU Pesbar juga dihadiri Sekkab Pesbar, Ir.N.Lingga Kusuma, M.P., kepala Bappeda Pesbar Drs.Zukri Amin, M.P., Kepala BPKAD Pesbar I Nyoman Setiawan, S.E, M.M., beserta seluruh pejabat terkait di lingkungan Pemkab setempat.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait