KPU Pesbar Bongkar 318 Kotak Suara

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melakukan pembongkaran kotak suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, Rabu (24/3).

Seluruh kotak suara yang dibongkar itu menyusul adanya Surat Edaran KPU RI Nomor : 218/PL.02-SD/01/KPU/III/2021 perihal pengambilan data untuk keperluan evaluasi pemilihan serentak tahun 2020.

Bacaan Lainnya



Anggota KPU Pesbar Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Martin Efendi, mengatakan untuk kotak suara yang dibongkar ini sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang tersebar di 118 Pekon/Kelurahan, se-Kabupaten setempat yakni sebanyak 318 kotak suara.

“Semua kotak suara yang dibongkar itu hanya untuk mengambil beberapa berkas saja, sesuai dengan surat edaran KPU RI itu,” katanya.

Ditambahkannya, adapun berkas yang diambil itu antara lain formulir Model C daftar hadir pemilih-KWK, model C daftar hadir pemilih pindahan-KWK dan C daftar hadir pemilih tambahan-KWK. Sehingga tidak semua berkas diambil dalam kotak suara tersebut, namun hanya beberapa berkas data saja sebagai bahan evaluasi Pilkada serentak tahun 2020.

“Tentunya dalam pembongkaran kotak suara Pilkada 2020 ini juga dihadiri dan diawasi langsung oleh pihak Kepolisian, Bawaslu Kabupaten Pesbar maupun pihak terkait lainya,” jelasnya.

Dikatakannya, setelah pengambilan formulir dan evaluasi selesai, maka semua formulir itu dikembalikan kedalam kotak suara. Kegiatan yang dilaksanakan ini juga untuk kebutuhan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Kabupaten Pesbar ini. Sehingga diharapkan data pemilih berkelanjutan di Kabupaten Pesbar nanti bisa lebih optimal dan tidak ada kendala. Karena dalam data pemilih berkelanjutan itu akan diketahui data yang valid maupun tidak valid. Sedangkan, untuk pembongkaran semua kotak suara Pilkada Pesbar tahun 2020 yang dimulai hari ini kemungkinan dilaksanakan hingga beberapa hari kedepan baru selesai.

“Kita berharap tidak ada hambatan. Karena setelah semuanya selesai nanti, maka KPU Pesbar akan menyampaikan laporan tersebut ke KPU RI melalui KPU Provinsi Lampung,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait