KPU Pesbar Dilaporkan ke DKPP RI

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Barat (Pesbar) dilaporkan Ruspandi yang juga merupakan Kepala BP-Pemilu DPC PDIP Pesbar ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia (RI) di Jakarta, Selasa (23/2).

Menurut Ruspandi, pengaduan yang disampaikan ke DKPP RI dengan tanda terima dokumen No.01-23/SET-02/II/2021, dengan teradu Ketua dan Anggota KPU Pesbar, dengan dokumen yang diserahkan antara lain Form 1-P/L-DKPP (sebanyak dua rangkap), Form 1-P/L-DKPP dalam bentuk MS.Word (flashdisk), dokumen alat bukti dan identitas pengadu.

Bacaan Lainnya




“Kita juga masih akan menyerahkan dokumen susulan yakni Form II-P/L-DKPP (sebanyak dua rangkap). Semua dokumen yang disampaikan itu telah diterima oleh staf penerima pengaduan di DKPP RI,” katanya.

Dijelaskannya, laporan yang disampaikan ke DKPP RI itu berkaitan dengan banyaknya dugaan pelanggaran etik yang dilakukan oleh Ketua dan Anggota KPU Pesbar dalam pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pesbar tahun 2020. Sehingga, semua laporan yang disampaikan itu agar segera ditindaklanjuti oleh DKPP RI.

“Mudah-mudahan secara formil maupun materil dalam laporan itu semuanya telah terpenuhi, dan kita berharap bisa ditindaklanjuti ke tahapan sidang DKPP,” jelasnya.

Masih kata dia, secara umum berdasarkan acuan bahwa pengaduan sudah disampaikan ke DKPP termasuk barang bukti dan alat bukti yang dapat menjadi rujukan di persidangan nanti. Laporan itu merupakan bentuk kekecewaan terhadap KPU Pesbar selaku penyelenggara pemilihan bupati dan wakil bupati Pesbar tahun 2020 yang diduga banyak terjadi pelanggaran. Hal itu menjadi pertanyaan bagi masyarakat, sehingga Komisioner KPU Pesbar diduga melakukan pelanggaran etik sebagai penyelenggara. 

“Selain ke DKPP RI, semua laporan ini juga kita sampaikan ke Komisi II DPR RI. Kita berharap semua laporan khususnya di DKPP RI yang telah disampaikan itu bisa ditindaklanjuti sesuai harapan kita bersama,” ujarnya.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan,  Ketua KPU Pesbar, Marlini, belum berhasil dikonfirmasi. Saat dihubungi melalui ponselnya di nomor 081374143xxx meski aktif namun tidak menjawab.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait