KPU Pesbar Monitoring Coklit Data Pemilih

  • Whatsapp

Medialampung.co.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melakukan monitoring pencocokan dan penelitian (coklit) untuk pemutakhiran data pemilih pada Pilkada serentak 2020 yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), keseluruh wilayah se-Kabupaten setempat, Selasa (4/8).

Ketua KPU Pesbar, Marlini, mengatakan monitoring coklit data pemilih yang dilakukan oleh PPDP itu untuk mengetahui progres coklit yang telah dilaksanakan sejak 15 Juli 2020 lalu, mengingat coklit data pemilih itu dilaksanakan hingga 13 Agustus 2020 mendatang, sehingga sebelum jadwalnya selesai diharapkan progresnya telah mencapai 100 persen.

Bacaan Lainnya



“Monitoring yang dilakukan ini selain untuk mengetahui progres coklit juga untuk mengetahui semua kendala yang dihadapi di lapangan oleh PPDP. Kita berharap selesai tepat waktu,” katanya.

Sementara itu, anggota KPU Pesbar Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Marten Efendi, mengatakan monitoring pelaksanaan coklit data pemilih itu dilakukan oleh seluruh komisioner KPU Pesbar sesuai dengan koordinator wilayah masing-masing mulai dari Kecamatan Lemong hingga Bangkunat.

“Kita juga menekankan seluruh PPDP dalam monitoring ini agar benar-benar memastikan seluruh warga yang memiliki hak pilih atau telah memenuhi syarat, jangan sampai tidak terdata atau tidak tercoklit,” ungkapnya.

Ditambahkannya, begitu juga jika ada warga yang tidak memenuhi syarat, jangan sampai masih terdata bahkan masuk dalam daftar pemilih. Untuk itu diharapkan PPDP harus lebih teliti. Sejauh ini progres pelaksanaan coklit itu belum dilakukan perekapan, tapi itu sudah ada peningkatan dibanding dengan rekapan per tanggal 30 Juli 2020 lalu yang masih 81,13 persen atau 96.978 pemilih, dari total data sebanyak 108.484 pemilih.

“Untuk progresnya saat ini meningkat, kita perkirakan sekitar 90 persen, tapi jelas setelah semuanya direkap baru bisa diketahui secara rinci,” katanya.

Meski begitu, KPU Pesbar tetap menargetkan sebelum tanggal 13 Agustus 2020 mendatang semua pelaksanaan coklit sudah selesai. Sehingga setelah selesai nanti akan dilakukan pengecekan kembali untuk memastikan hasil rekapitulasi pencoklitan tersebut. Artinya, jika masih ada perbaikan maka nanti bisa segera dilakukan perbaikan.

“Kita targetkan Sabtu (8/8) mendatang pencoklitan data pemilih diseluruh wilayah itu selesai dan tidak ada kendala,” pungkasnya.(yan/d1n)



Pos terkait