KPU Pesbar Rakor Daring Bahas Pilkada 2020

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengikuti rapat koordinasi dalam jaringan (daring) melalui virtual meeting atau video conference bersama KPU Provinsi Lampung dan KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung, membahas persiapan Pilkada serentak 2020 di tengah Pandemi Covid-19, yang dipusatkan di kantor KPU Pesbar, Jumat (29/5).

Ketua KPU Pesbar, Marlini, mengatakan bahwa dalam rakor yang dipimpin langsung oleh ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami, bersama seluruh komisioner, yang diikuti langsung oleh seluruh komisioner KPU Kabupaten/Kota se-Lampung, itu membahas beberapa persiapan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 yang sebelumnya tertunda karena pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya



“Ada beberapa hal yang dibahas dalam rakor tersebut antara lain tentang kesiapan KPU Pesbar pada Pilkada yang dijadwalkan 9 Desember 2020 mendatang,” katanya.

Selain itu, kata dia, penyampaian laporan estimasi terkait penambahan anggaran dengan asumsi tambahan yakni untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS), Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), dan Alat Pelindung Diri (APD), karena dalam pelaksanaan Pilkada 2020 itu di tengah pandemi Covid-19, serta membahas tentang pengaktifan kembali penyelenggara yang dimulai pada tanggal 15 Juni 2020 mendatang.

“Dalam kesempatan rakor melalui video conference itu juga membahas laporan pemaparan wilayah yang tersulit dalam penyaluran logistik Pilkada,” jelasnya.

Seperti, lanjutnya, wilayah Kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Pulau Pisang, Ngambur dan wilayah tersulit yang ada di Kecamatan Bangkunat. Sedangkan, untuk mata pilih sesuai dengan data Pemilu terakhir sebelumnya di Pesbar ini mencapai 112.343 mata pilih.

Tentu jumlah tersebut belum final dan masih akan mengalami perubahan melalui beberapa tahapan nanti yakni tahapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan tahapan lainnya.

“Untuk mata pilih kemungkinan besar akan mengalami perubahan. Namun yang jelas terkait dengan persiapan Pilkada Pesbar di tengah wabah Covid-19 ini, kita tetap akan terus berkoordinasi dengan KPU Provinsi,” pungkasnya.(yan/mlo)



Pos terkait