KPU Pesbar Rakor Pemutakhiran DPB

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali mengadakan rapat koordinasi rekapitulasi pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) guna memperbaharui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) periode Mei 2021, yang dipusatkan di ruang rapat kantor KPU Pesbar, Kamis (3/6).

Anggota KPU Pesbar Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Marten Efendi, mengatakan bahwa dari hasil pemutakhiran DPB Kabupaten Pesbar periode Mei 2021 itu untuk DPT Pesbar ditetapkan sebanyak 108.206 pemilih. Dari jumlah data itu penambahan data hasil pemutakhiran antara lain pemilih baru ada 910 orang dan Pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 51 orang, yang tersebar di 11 Kecamatan di-Kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya

“Untuk jumlah DPB dalam periode Mei ini mengalami penambahan dibandingkan dengan periode sebelumnya. Sedangkan untuk periode lalu jumlah PDB itu sebanyak 107.347 pemilih,” katanya.

Dijelaskannya, pelaksanaan rapat koordinasi pemutakhiran DPB bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dinas Pendidikan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesbar, serta partai politik (Parpol) dan instansi terkait lainnya itu tetap akan dilaksanakan setiap bulan, seperti pada periode Juni ini akan kembali dilaksanakan pada bulan berikutnya. Pelaksanaan rapat pemutakhiran DPB itu juga mengacu pada Surat Edaran KPU RI No.366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021.

“Untuk rakor bersama stakeholder dilaksanakan setiap triwulan, sedangkan rakor bersama KPU se-Provinsi Lampung dilaksanakan setiap semester. Hasil pemutakhiran DPB untuk periode Mei ini telah disampaikan kepada stakeholder terkait,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam kegiatan pemutakhiran DPB yang dilakukan setiap bulannya oleh KPU Pesbar ini diharapkan adanya peran aktif masyarakat untuk bisa bersama-sama mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Sehingga, KPU Pesbar benar-benar mendapat data pemilih yang lebih valid dan akurat. Untuk itu, KPU Pesbar juga mengajak masyarakat Pesbar dapat mengecek data pemilih melalui aplikasi yang telah disiapkan, maupun melalui website cek data pemilih KPU Provinsi Lampung.

“Dalam aplikasi dan website itu kita bisa mengecek apakah kita sudah terdata dalam DPT atau belum, jika masyarakat merasa belum masuk dalam data DPT itu, maka dapat menginput datanya masing-masing, sehingga bisa teregistrasi,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait