KPU Pesbar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pesbar pada Pilkada serentak tahun 2020, di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Pesbar, Kamis (1/10).

Anggota KPU Pesbar, Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Zairi Opani, S.E., mengatakan rakor persiapan pembentukan KPPS itu dibagi ke setiap koordinator wilayah oleh komisioner KPU setempat mulai dari Kecamatan Lemong hingga Bangkunat. Diharapkan pembentukan KPPS Pilkada serentak 2020 yang mulai diumumkan hari ini hingga selesai tidak ada kendala.

Bacaan Lainnya



“Kita berharap rakor persiapan ini benar-benar dapat dipahami oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Ditambahkannya, seperti dalam rakor persiapan yang dilaksanakan di kantor Kecamatan Pesisir Selatan itu, pihaknya menyampaikan berbagai materi terkait dengan persyaratan anggota KPPS dan materi lainnya yang berkaitan dengan pembentukan KPPS. Mengingat, dalam pelaksanaan Pilkada 2020 di masa pandemi Covid-19 harus tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

“Penerapan protokol kesehatan dalam tahapan pembentukan KPPS tentu harus dimaksimalkan dan diperhatikan oleh PPK dan juga PPS di wilayah Kecamatan maupun pekon masing-masing,” jelasnya.

Dijelaskannya, untuk petugas KPPS di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibentuk sebanyak tujuh orang, sedangkan anggota perlindungan masyarakat (Linmas) di setiap TPS ada dua orang. Sedangkan total jumlah TPS pada Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Pesbar mencapai 318 TPS, sehingga anggota KPPS yang dibutuhkan sebanyak 2.226 orang KPPS, dan 636 orang anggota Linmas.

“Kita berharap dalam perekrutan KPPS Pilkada serentak 2020 ini benar-benar maksimal dan sesuai dengan harapan bersama, sebab petugas KPPS sangat berperan penting dalam mensukseskan Pilkada di Pesbar. Terlebih Pilkada 2020 ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, ” tandasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait