KPU Pesbar Terima 111.985 Lembar Surat Suara

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah menerima sebanyak 111.985 lembar surat suara untuk Pilkada serentak 2020 di kantor KPU setempat dengan pengawalan dari pihak Kepolisian maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pesbar, Senin (23/11).

Ketua KPU Pesbar, Marlini, mengatakan bahwa surat suara yang telah diterima dari percetakan yakni PT.Temprina Media Grafika tersebut dengan rincian sebanyak 107.150 lembar surat suara untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), kemudian 2.835 lembar surat suara cadangan atau 2,5 persen dari jumlah DPT dan sebanyak 2000 lembar surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) sehingga total 111.985 lembar surat suara.

Bacaan Lainnya


“Semua surat suara yang dikemas kedalam 56 boks dus itu diamankan di gudang kantor KPU Pesbar, hal itu untuk mempermudah pemantauan sehingga kondisi surat suara tetap aman,” katanya.

Dijelaskannya, selain logistik surat suara, KPU Pesbar juga telah menerima 1.908 buah kabel ties untuk pengikat kotak suara. Begitu juga dengan logistik Alat Pelindung Diri (APD) pencegahan penyebaran Covid-19, bilik suara, kotak suara, tinta tetes telah sampai ke KPU Pesbar. Sedangkan, mengenai rencana pelipatan surat suara untuk Pilkada itu dijadwalkan selama dua hari mulai Rabu-Kamis (25-26/11) mendatang.

“Untuk pelipatan surat suara direncanakan selama dua hari, mudah-mudahan tidak ada perubahan dan kendala, karena dalam pelipatan surat suara itu harus benar-benar maksimal,” jelasnya.

Sedangkan, masih kata Marlini, KPU Pesbar juga rencananya mulai Selasa (24/11) akan melakukan perakitan kotak suara untuk 318 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkada serentak 2020 yang rencananya dilakukan di gudang logistik KPU setempat, sekaligus menyortir semua surat suara. Dalam perakitan kotak suara nanti juga diharapkan tidak ada kendala. Setelah semuanya selesai maka KPU Pesbar juga akan langsung melakukan packing semua logistik Pilkada.

“Untuk packing logistik direncanakan akhir November dan awal Desember 2020,  mudah-mudahan pada tanggal 5 Desember 2020 mendatang semua logistik Pilkada sudah mulai distribusikan ke semua Kecamatan di Pesbar,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)




Pos terkait