KPU Provinsi Gelar Rakor di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung, menggelar rapat koordinasi persiapan pemutakhiran data pemilih, dalam Pilkada serentak 2020 dengan delapan Kabupaten/Kota se-Lampung yang dipusatkan di Aula Sartika Guest House, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), dimulai pada Minggu malam (16/2).

Rakor yang akan berlangsung hingga Selasa (18/2) itu dihadiri ketua KPU Provinsi Lampung, Erwan Bustami, beserta seluruh komisioner dan Sekretariat KPU Provinsi. Selain itu seluruh Komisioner, Sekretariat dan operator KPU dari delapan Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak serta stakeholder terkait lainnya.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Erwan Bustami, mengatakan rakor itu untuk persiapan data pemilih Pilkada, agar data Pilkada 2020 yang ada di delapan Kabupaten/Kota se Provinsi Lampung yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak agar menjadi data valid dan tidak mengimbulkan sengketa dikemudian hari.

“Untuk itu semua penyelenggara dalam hal ini Komisioner KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota agar profesional dalam melaksanakan tugasnya,” katanya.

Dijelaskannya, Pilkada serentak 2020 merupakan pertaruhan KPU sebagai penyelenggara apakah berjalan sukses atau tidak. Sehingga, selain profesional dalam bertugas juga sangat dibutuhkan kerja keras bagi seluruh penyelenggara. Karena itu, sebagai penyelenggara harus mampu menjauhi tiga penyakit yakni kurang teliti, kurang disiplin dan kurang rapi.

“Mudah-mudahan dengan semangat dan kerja keras serta profesional dalam menjalankan tugas, pelaksanaan Pilkada serentak 2020 bisa berlangsung sukses,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Provinsi Lampung Divisi Data dan Informasi, Agus Riyanto, mengatakan rakor itu bertujuan untuk membangun kesiapan delapan KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020, agar dapat lebih siap dalam tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

“Kita berharap KPU Kabupaten/Kota, PPK, PPS hingga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dpat melaksanakan semua tahapan dan program pemutakhiran maupun penyusunan data pemilih di Pilkada serentak 2020 dengan penuh integritas dan profesional,” jelasnya.

Ketua KPU Pesbar, Marlini, mengaku bahwa rakor itu merupakan yang pertama dan diharapkan menjadi pemicu bagi Komisoner KPU Pesbar dalam melaksanakan tugas pada Pilkada 2020. Semua Komisioner KPU Kabupaten/Kota antusias mengikuti kegiatan rakor yang dilaksanakan di daerah terujung di Provinsi Lampung itu.

“Kami tetap berupaya untuk memaksimalkan semua tahapan yang ada dalam mensukseskan Pilkada serentak 2020,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait