Kreatif, DKM Manfaatkan Sampah Untuk Sumbang Fakir Miskin

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kreatifitas warga yang tergabung dalam Dewan Kesejahteraan Masyarakat (DKM) Masjid Al-Mafiroh, Kelurahan Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), layak mendapatkan apresiasi, mereka mampu bersedekah untuk warga kurang mampu (Fakir Miskin) hanya dengan memanfaatkan sampah.

Agus, salah satu anggota DKM menuturkan, ide tersebut berawal saat ia melihat sampah-sampah rumahan yang mempunyai nilai ekonomis di sekitar pemukiman penduduk. Namun tidak dimanfaatkan. “Dan atas fenomena itu terpikirkan olehnya untuk memanfaatkan sampah itu menjadi sesuatu yang menghasilkan dengan  mengajak anggota DKM Al-Mufaroh untuk mengumpulkan dan menjualnya kembali,” tuturnya.

Bacaan Lainnya



Dan seiring waktu, kini kreatiftas itu telah berjalan dan terjadwal dalam DKM yang dilaksanakan setiap Jum’at, polanya setiap anggota bergantian berkeliling ke pekon dan kelurahan di Kecamatan Waytenong untuk mengumpulkan dan meminta sumbangan sampah yang masih layak untuk dijual pada warga menggunakan kendaraan roda empat milik salah satu anggota DKM.

“Berapapun hasil dari penjualan sampah tersebut kami kumpulkan untuk dibelikan beras kemudian kami bagikan ke fakir miskin. Atau ada warga kami yang sakit juga kami berikan untuk sekedar rasa peduli pada sesama saudara” ungkapnya.

Sementara ditambahkan pengurus DKM lainnya Paiman, kegiatan rutin tersebut selain dari dapat membantu fakir miskin, juga dapat menumbuhkan kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan. “Kami berharap kegiatan kami ini bermanfaat bagi warga  dan lingkungan sekitar,” ujarnya.

Terpisah, Lurah Pajarbulan Iwan Irawan, S. Kom, mengakui sangat mengapresiasi kreatifitas yang dilakukan warganya. “Saya berharap apa yang dilakukan oleh DKM Masjid Al-Mafiroh, mampu diadosi yang lainnya, karena selain merupakan bakti amal, juga upaya menekan keberadaan sampah yang kerap kali dikeluhkan,” tandasnya.(ius/mlo)



Pos terkait