KSKP Bakauheni Gagalkan Penyelundupan Ribuan Ekor Burung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kepolisian Sekto Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel) berhasil menggagalkan penyelundupan 3.320 burung tanpa dokumen yang jelas saat melintas di Seaport Interdiction (SI) pelabuhan Bakauheni.

Burung berbagai jenis yang digunakan yakni 15 box jenis manyar, dua box jenis tekukur, satu box jenis perkutut, tiga box jenis emprit dan sembilan dus jenis trucuk.

Bacaan Lainnya

Kepala KSKP Bakauheni Lamsel, AKP Ridho Rafika menjelaskan, penangkapan itu, terjadi pada Selasa (29/6) sekitar pukul 05.00 WIB, di areal pintu masuk pelabuhan Bakauheni Lamsel.

“Selain barang bukti 3.320 ekor burung, kami juga mengamankan satu orang tersangka atas nama Zainul (52) warga Jl. M. yusuf wahid Sukajadi, Prabumulih Timur,” ungkap Ridho, Selasa (29/6).

Dia menjelaskan, penangkapan tersebut, dilakukan saat aparat melakukan pemeriksaan rutin di pintu masuk pelabuhan Bakauheni Lamsel. Saat itu, sebuah kendaraan Mobil Avanza Warna Silver Nopol BG 1840 KH yang dikendarai Zainul melintas untuk menyeberang ke pulau Jawa.

“Saat kami periksa kendaraannya. Ternyata sopir itu mengangkut 33 box berisikan burung berbagai jenis dengan jumlah keseluruhan 3.320 ekor. Saat kami periksa dokumen pendukung untuk mengangkut burung-burung itu. Ternyata sopir tidak bisa menunjukkan. Makanya kami amankan sopirnya berikut barang bukti,” ujarnya.

Mantan kapolsek Bangunrejo Lampung Tengah (Lamteng) ini menambahkan, berdasarkan keterangan pelaku Zainul, satwa liar berupa burung tersebut diangkut dari Kayuagung dan akan dibawa menuju ke daerah Serang.

“Pelaku melanggar Pasal 88 UU RI No.21/2019 tentang Karantina Ikan, Hewan, dan Tumbuhan. Barang bukti burung itu langsung kami limpahkan ke balai karantina Wilker Bakauheni,” katanya. (yud/mlo)


Pos terkait