KTI Lambar akan Gelar Festival Orkes Gambus

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Karang Taruna Indonesia (KTI) Kabupaten Lampung Barat, akan menggelar Festival Budaya Orkes Gambus Tradisional tahun 2019, yang akan diikuti oleh 37 group orkes gambus se-kabupaten setempat, dengan lokasi perhelatan di Pekon Sukaraja Kecamatan Batubrak yang direncanakan pada tanggal 10 November mendatang.

Ketua KTI Lambar Ahmad Ali Akbar mengatakan, penyelenggaraan Festival Orkes Gambus Tradisional tersebut sebagai wujud dari komitmen para pengurus KTI Lambar dalam pelestarian seni budaya daerah, khususnya orkes gambus yang merupakan seni musik tradisional, yang  kembali dilestarikan  masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

Bacaan Lainnya



“KTI Lambar memiliki komitmen mendukung pemerintah daerah dalam rangka pelestarian seni budaya yang ada, dan salah satunya adalah orkes gambus, dimana kami dari KTI  juga berkeinginan orkes gambus makin dicintai oleh masyarakat,” ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut, lanjut politisi PDIP terseut, maka ia mengajak para pemuda di kabupaten setempat untuk ikut andil bagian dalam pelestarian seni budaya daerah, sehingga kedepannya tidak hanya menjadi warisan leluhur yang hanya  dicintai oleh para orang tua yang pada saatnya seni budaya tersebut akan kembali hilang.

”Kedepannya tentu kami berharap segala bentuk kesenian daerah bisa dicintai oleh semua kalangan, saya mengajak para pemuda kedepannya untuk ikut belajar dan harus bisa untuk kemudian mencintai seni budaya yang ada sehingga ada generasi penerus yang bisa terus melestarikannya,”

Sementara, Wakil Ketua Bidang Seni KTI Lambar yang juga penanggungjawab kegiatan Dedi Edwin mengatakan, Opening Ceremony Festival Orkes Gambus Tradisional tersebut akan diselenggarakan pada pukul 08.00 WIB, dilanjutkan dengan perlombaan sesi I dengan nomor urut 1-13 pada pukul 08.30 hingga pukul 12.00 WIB.

”Setelah itu dilanjutkan perlombaan di sesi kedua dengan peserta group orkes dengan nomor urut 14-25 pada pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB, sementara untuk perlombaan sesi ke-III dengan peserta nomor urut 26-37 dijadwal pada pukul 16.30 WIB hingga 19.30 WIB, dan untuk closing ceremony rencananya akan dihadiri langsung oleh Bapak Bupati sekaligus penyerahan hadiah,” kata dia. (nop/mlo)



Pos terkait