KTI Lambar Sukses Gelar Festival Budaya Orkes Gambus

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Festival Budaya Orkes Gambus Tradisional yang digelar Karang Taruna Indonesia (KTI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) di Pekon Sukaraja, Kecamatan Batubrak sukses digelar Minggu (10/11).

Festival yang diikuti 32 group orkes gambus se-Lambar setempat itu resmi di tutup oleh Staf Ahli Bidang Adminisrasi Umum Edi Yusuf, S.Sos, M.H., dan dihadiri Ketua KTI Lambar Ahmad Ali Akbar, S.H., sejumlah kepala OPD, Camat Batubrak SrI Wiyatmi, S.T, M.P.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Adminisrasi Umum Edi Yusuf, S.Sos, M.H., mengatakan, festival gambus ini sebagai bentuk dukungan kepada Pemkab Lambar dalam melestarikan budaya dan  kedepan pihaknya berharap dapat mengundang para peserta dari luar Lambar dengan tujuan memperkenalkan berbagai potensi terutama sektor pariwisata di Lambar.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangkitkan seni dan budaya di wilayah Lambar, melalui kreasi, inovasi dan kolaborasi yang diharapkan terwujud dan terbentuknya karakter dan jatidiri sebagai bangsa yang berjiwa patriotisme. Seni budaya kita sarat dengan pesan, ajaran yang berdayaguna untuk menangkal penetrasi budaya asing yang tidak atau kurang sesuai dengan jatidiri kepribadian bangsa kita,” ujar Edi.

Kemudian, upaya pembinaan generasi muda harus dimulai sejak usia dini dan dilakukan secara sungguh-sungguh, melalui berbagai aktivitas yang mampu mengembangkan sikap dan jati diri seorang anak. Untuk mewujudkan pembinaan generasi muda, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja, akan tetapi perlu peran serta, dan partisipasi orang tua, dan pendidik, serta masyarakat, agar terbangun generasi pelanjut estafet perjuangan bangsa, yang memiliki fisik dan mental yang kuat, tangguh, sehat, cerdas dan terampil.

“Kepada para peserta festival, saya minta untuk dapat tampil dengan sebaik-baiknya. dalam arti penuh semangat, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas, persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan sehingga keberadaan seni budaya semakin digemari oleh masyarakat luas,” pintanya.

Ketua KTI Lambar Ahmad Ali Akbar, menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan pemerintah daerah yang telah mendukung terselenggaranya acara ini, kegiatan ini adalah salah satu upaya KTI dalam membangun  sumberdaya manusia (SDM) di bidang seni dan budaya.

“Harapan kami kedepan, pemuda yang ada di Lambar dapat lebih kreatif dan inovatif lagi untuk berkontribusi demi kemajuan daerah tercinta ini, terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan kegiatan ini, terkhusus kepada Pemkab Lambar, pengurus KTI Lambar, KTI Pekon Sukaraja, Sanggar Setiwang, dan seluruh unsur yang  telah berkontribusi,” kata Akbar.

Menurutnya, kegiatan ini cukup menggembirakan, empat jempol untuk karang taruna Sukaraja karena mereka telah membuktikan bahwa program kerja acara festival orkes ini sukses. Dengan adanya kegiatan ini pihaknya berharap dapat membuka pemikiran  generasi muda untuk maju mendukung terciptanya Lampung Barat hebat.

Seperti diketahui, dalam acara itu terdapat enam group orkes gambus yang berhasil meraih juara yaitu penyaji terbaik 1 diraih oleh group orkes Teba Permata, penyaji terbaik 2 diraih oleh Ratai Group asal Pekon Sukarame, Kecamatan Balikbukit, penyaji terbaik 3 diraih oleh Group Andan Mufakat Pekon Gunungsugih, Kemudian penyaji terbaik 4 diraih oleh group Silvana Waymengaku, penyaji terbaik 5 diraih oleh Buay Benyata I Luas, dan penyaji terbaik 6 diraih oleh SBBW Kembahang.(edi/mlo)



Pos terkait