KTN Harus Fokus dan Tangguh di Semua Bidang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Terbentuknya Kampung Tangguh Nusantara (KTN) tentu memiliki fokus utama yakni tangguh pada bidang kesehatan jasmani dan rohani, sosial ekonomi, keamanan, serta informasi dan kreativitas dan tangguh terhadap bidang lainnya. 

Terlebih pada kondisi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang masih berlangsung hingga kini, KTN juga diharapkan dapat turut serta menertibkan masyarakat agar dapat mencegah penyebaran Covid-19.

Bacaan Lainnya

Demikian dikatakan, Pelaksana harian (Plh) Bupati Pesisir Barat (Pesbar), Ir.N.Lingga Kusuma, M.P., saat menghadiri peresmian KTN di Pekon Padang Haluan Kecamatan Krui Selatan, Kamis (4/3).

Menurutnya, inovasi yang dilakukan itu sesuai dengan rekomendasi organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization), bahwa penanganan Covid-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat, Kampung tangguh dapat berbasis RT, RW, Kelurahan dan Desa/Pekon.

“Kampung tangguh ini adalah suatu bentuk kearifan lokal yang akan membantu masyarakat melaksanakan edukasi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut terlibat dalam upaya terwujudnya KTN seperti yang ada di Pekon Padang Haluan. Tentunya dengan harapan dapat bersama-sama menghadapi Era New Normal dan mensejahterakan tarap hidup masyarakat khususnya pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

KTN ini juga sesuai dengan surat Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Lampung No.B/395/II /OPS.1.1./2021/DITBINMAS, tanggal 19 Februari 2021 tentang permintaan data Pemberlakuan-Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan Kampung Tangguh Nusantara.

“Dampak pandemi sangatlah mengganggu sistem Pemerintahan dan seluruh pelayanan publik juga berdampak pada pelemahan ekonomi yang mengakibatkan turunnya harga komoditas yang ada,” kata Lingga.

Untuk itu, masih kata Lingga, atas permasalahan tersebut Pemerintah telah mengambil kebijakan serta langkah-langkah dalam upaya menuntaskan Pandemi Covid-19 ini, dimana salah satu langkah selain pemberian Vaksinasi Covid-19 secara massal yang dilakukan secara bertahap, juga pencanangan kampung tangguh nusantara yang merupakan sebagai tempat memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap semangat meski di tengah situasi Pandemi Covid-19.

“Terlebih disaat memasuki era new normal nanti, semua masyarakat harus mampu dan tetap semangat dengan kehidupan yang baru,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., Plt. Asisten I Setdakab Pesbar Audi Marpi, M.M., perwakilan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat serta undangan lainnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait