Kulit Biji Kopi Bisa Jadi Teh Herbal?

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jika selama ini kulit biji kopi, hanya terbuang sia-sia, atau maksimalnya hanya dijadikan campuran pupuk olahan. Mulai sekarang kulit biji kopi bisa dimanfaatkan menjadi produk yang bisa menambah penghasilan warga.

Berkat ilmu para mahasiswa Universitas Lampung (Unila) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lampung Barat, kulit biji kopi merah yang sebelumnya hanya menjadi limbah, kini diolah menjadi teh herbal yang diberi nama Teh kulit biji kopi merah (Cas Cara).

Bacaan Lainnya



Dikatakan Assyiva Putri Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Teh kulit biji kopi tersebut, bukan hanya sekedar teh, melainkan memiliki keunggulan untuk kesehatan, yakni masuk golongan obat pencahar Herbal, untuk untuk diet, karena mengandung Vitamin E, yang jika dikonsumsi secara teratur setidaknya satu kali dalam seminggu akan membantu melancarkan buang air besar dan memiliki anti oksidan dan rendah kafein.

Sementara ditambahkan Koordinator Desa (Kordes) KKN Pajarbulan Agi Pramudya, banyak kegiatan program yang dilakukan lainnya seperti pembelajaran rosting pengeolahan kopi menjadi beragam cita rasa,  pembuatan lilin dari minyak jelantah, dan pemanfaatan botol bekas (verti kultur) untuk tanaman hidroponik. (ius/mlo)



Pos terkait