Kunjungan ke Perpusda Minim, Hadir Perpustakaan Kampung 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id. – Minat masyarakat Lampung Tengah untuk berkunjung ke perpustakaan daerah (perpusda) masih minim. Guna membangkitkan minat baca masyarakat, salah satunya diresmikan Perpustakaan Sapahit Lidah di Kampung Terbanggibesar, Kecamatan Terbanggibesar, Kamis (23/9).

Plt. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Lamteng Syahreza mewakili Bupati Lamteng Musa Ahmad mengatakan bahwa minat masyarakat Lamteng terhadap kunjungan perpustakaan masih minim. “Minat masyarakat Lamteng berkunjung ke perpustakaan minim. Padahal perpustakaan di Lamteng mempunyai koleksi buku yang cukup lengkap dan berbasis digital Inlislite,” katanya.

Bacaan Lainnya

Karena itu, kata Syahreza, dibutuhkan kolaborasi dan sinergitas dari semua pihak guna meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan. “Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lamteng harus lebih bersinergi dengan semua pihak terkait. Ini guna meningkatkan minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan. Perpustakaan dapat mengambil peran dalam mendorong minat baca masyarakat Lamteng dan menciptakan masyarakat yang mempunyai kemampuan literasi,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Lampung Ratna Dewi yang hadir dalam peresmian Perpustakaan Sepahit Lidah menyatakan budaya gemar membaca harus ditanamkan sejak dini. “Tanamkan gemar membaca sejak dini kepada anak-anak. Kebiasaan membaca merupakan suatu yang penting dan fundamental yang harus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Ini guna mewujudkan sumber daya manusia yang unggul. Saya berharap Pemkab Lamteng sukses dalam membina perpustakaan desa mengingat Provinsi Lampung telah mendapat juara 1 tingkat nasional dalam lomba perpustakaan desa,” katanya.

Sementara Bunda Literasi Lamteng Mardiana yang meresmikan Perpustakaan Sepahit Lidah berharap adanya perpustakaan kampung ini bisa membangkitkan minat baca masyarakat. “Mudah-mudahan adanya perpustakaan ini bisa membangkitkan minat baca masyarakat,” tutupnya. (rls/sya/mlo)


Pos terkait