Kunjungi Wilayah Terpencil, Agus Istiqlal Salurkan Bantuan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melakukan kegiatan kunjungan kerja sekaligus menyerahkan bantuan kepada masyarakat yang ada di wilayah terpencil di Kecamatan Bangkunat yang dipusatkan di Pekon Bandar Dalam, Selasa (21/7).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pesbar, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Ketua DPRD Pesbar Nazrul Arif, sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, Ketua TP-PKK Kabupaten Pesbar Hj. Septi Istiqlal, Unsur Forkopimda serta pihak terkait lainnya.

Bacaan Lainnya



Dalam sambutannya, Bupati Agus Istiqlal, mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Bangkunat, khususnya yang ada di empat pekon yakni Pekon Bandar Dalam, Way Tiyas, Siring Gading dan Way Haru ini, maupun semua pihak terkait hingga kegiatan di wilayah ini bisa terlaksana dengan baik meski di tengah pandemi Covid-19.

Dijelaskannya, virus corona atau Covid-19 yang mewabah di Indonesia telah memberi dampak yang luar biasa, termasuk di wilayah Kabupaten Pesbar. Kondisi di masa pandemi Covid-19 ini telah melemahkan perekonomian maupun kehidupan sosial masyarakat di wilayah Pesbar. 

“Karena itu dengan kondisi tersebut Pemkab setempat terus berupaya untuk memaksimalkan berbagai bantuan terutama bagi masyarakat yang terdampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 tersebut,” katanya. 

Lanjutnya, beberapa bantuan yang disalurkan Pemkab Pesbar melalui beberapa OPD terkait dilingkungan Pemkab ini mudah-mudahan dapat meringankan beban masyarakat dan juga membantu masyarakat baik dibidang pertanian, sarana olahraga maupun pelayanan kesehatan.

“Beberapa jenis bantuan yang disalurkan tersebut antara lain lima ton beras cadangan pangan pemerintah untuk 1.000 kepala keluarga, dimana setiap KK mendapat bantuan sebanyak lima kilogram beras,” katanya.

Kemudian, bantuan bola voli dan bola kaki masing-masing 10 buah serta papan catur sebanyak 10 buah. Selanjutnya, di bidang pertanian berupa bantuan pelayanan pengobatan untuk hewan ternak, bantuan benih padi sebanyak 5,25 ton, bantuan pupuk NPK sebanyak 10,5 ton, bantuan herbisida 420 liter, dan bantuan satu unit alat power thresher multiguna (mesin perontok padi/kedelai/jagung). Sedangkan bantuan di bidang perikanan  berupa dua unit alat penangkap ikan ramah lingkungan untuk kelompok nelayan di Pekon Way Haru.

“Sementara untuk bantuan di bidang pelayanan kesehatan, Pemkab setempat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat seperti pengecekan kesehatan dan sebagainya secara gratis,” jelasnya.

Ditambahkannya, pemberian semua bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Mudah-mudahan pemberian bantuan ini dapat tersalurkan dengan tepat sasaran serta dapat mengurangi beban masyarakat yang membutuhkan maupun yang terdampak pandemi Covid-19. Masyarakat juga diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Meski saat ini sudah mulai memasuki tatanan normal baru, namun masyarakat harus tetap waspada dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker saat beraktifitas keluar rumah, rajin cuci tangan pakai sabun, menjaga pola hidup bersih dan sehat dan sebagainya,” tandasnya.(yan/mlo)



Pos terkait