Kurang Dana, TPG Triwulan IV 2020 Hanya Dibayar Dua Bulan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lambar Bulki Basri, S.Pd, M.M

Medialampung.co.id – Besaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) pegawai negeri sipil (PNS) di Kabupaten Lambar yang harus dicairkan pada triwulan IV (Oktober, November dan Desember 2020),  namun pada akhir tahun ini hanya dibayarkan untuk dua bulan yaitu Oktober-November.

Hal itu dikarenakan dana transfer dari pemerintah pusat mengalami kekurangan sekitar Rp2,559 miliar lebih. 

Bacaan Lainnya

“Karena kekurangan dana transfer dari pemerintah pusat sehingga untuk tunjangan profesi guru triwulan IV baru dibayarkan oleh pemerintah daerah untuk dua bulan yaitu Oktober-November. Dana TPG untuk dua bulan tersebut telah cair hari ini,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lambar Bulki, S.Pd, M.M, Senin (21/12)

Ia menjelaskan, jumlah kebutuhan dana TPG triwulan IV di Kabupaten Lambar sebesar Rp14,878 miliar lebih namun dana yang tersedia hanya Rp12,491 miliar lebih sehingga sisa dana Rp2,386 miliar lebih.

Sementara jumlah dana yang sudah dibayarkan (Oktober-November) sebesar Rp9,932 miliar lebih sedangkan jumlah yang belum dibayarkan (Desember) Rp4,946 miliar lebih sehingga terdapat kekurangan dana sekitar Rp2,559 miliar lebih.  

“Jumlah guru yang menerima TPG triwulan IV untuk dua bulan yaitu sebanyak 1.244 orang,  rinciannya guru Taman Kanak Kanak (TK) 30 orang, pengawas 27 orang, sekolah dasar (SD) sebanyak 871 orang dan SMP 316 orang. Dengan total dananya sebesar Rp9,932 miliar lebih termasuk didalamnya pajak,” tegasnya.

Selain kekurangan dana untuk pembayaran TPG triwulan IV, lanjut Bulki, dana transfer untuk tambahan penghasilan guru (Tamsil) PNSD dari pemerintah pusat juga mengalami kekurangan sebesar Rp62 juta lebih.

“Karena kekurangan dana maka untuk tambahan penghasilan guru untuk sementara ini hanya dibayarkan untuk satu bulan (Oktober) sedangkan untuk bulan November dan Desember akan dibayarkan pada tahun 202. Begitu juga dengan TPG untuk  bulan Desember akan dibayarkan pada tahun 2021 mendatang,” kata dia.

Seraya menambahkan, untuk Tamsil telah dibayarkan kepada 273 guru, rinciannya TK empat orang, SD  sebanyak 210 orang dan SMP  sebanyak 59 orang.

“Dana Tamsil untuk bulan Oktober telah cair  dan dananya telah ditransfer rekening masing-masing penerima, jadi silahkan dicek,” ucapnya 

Terkait belum dibayarkannya TPG bulan Desember dan Tamsil PNSD bulan November -Desember  tersebut.  Bulki berharap kepada guru dan pengawas sekolah di Kabupaten Lambar untuk bersabar.

“Saat ini kita masih menunggu SK TPG tentang kekurangan pembayaran tahun 2020, jadi kami berharap kepada guru dan pengawas untuk bersabar,”  tutupnya. 

Di tempat terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P mengatakan, jumlah dana tunjangan profesi guru PNS untuk triwulan IV yang di transfer pemerintah pusat lebih sedikit dibanding dari triwulan sebelumnya.

“Apakah nanti akan dilakukan penambahan atau tidak, kita masih menunggu informasi dari pemerintah pusat,” singkatnya. (lus/mlo)


Pos terkait