Kurangi Angka Pengangguran, DPMPTSP dan Naker Lambar Bakal Gelar Pelatihan Keterampilan 

  • Whatsapp
Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Ir. Sugeng Raharjo, M.P

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar melalui Dinas Penanamn Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) tahun ini akan menggelar kegiatan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja.

Hal itu guna mengurangi angka pengangguran serta memberikan keterampilan bagi masyarakat di daerah setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP dan Naker Ir. Sugeng Raharjo, M.T mengungkapkan, tahun ini pihaknya ada melaksanakan kegiatan pelatihan keterampilan yaitu pelatihan menjahit, pelatihan otomotif, pelatihan sablon dan pelatihan celugam. 

“Peserta pelatihan merupakan masyarakat yang berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Lambar,” kata Sugeng, Rabu (3/2).

Ia menjelaskan, pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. 

Pelatihan kerja, lanjut Sugeng bertujuan untuk memberikan keterampilan bagi warga khususnya pemuda dan pemudi yang belum mempunyai pekerjaan, apalagi di masa pandemi Covid-19 banyak yang terkena PHK (pemutusan hubungan kerja).

“Dengan diberikannya keterampilan maka diharapkan bisa berwirausaha dan bekerja secara mandiri baik melalui UMKM maupun industri rumah tangga, serta tujuan akhirnya untuk menurunkan angka pengangguran di kabupaten yang kita cintai ini,” tegas dia.

Seraya menambahkan, kegiatan pelatihan akan dilaksanakan di Balai Latihan Kerja (BLK) Pekon Wates Kecamatan Balikbukit. (lus/mlo)


Pos terkait