Kurangi Ketergantungan Oksigen Liquid, RSUDAU akan Tambah Oksigen Konsentrator

  • Whatsapp
Direktur RSUD Alimuddin Umar dr. Iman Hendarman, Sp.A, M.Kes.

Medialampung.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat, membutuhkan oksigen konsentrator dalam rangka penanganan pasien terkonfirmasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Hal tersebut dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap oksigen liquid (tabung isi ulang). 

Direktur RSUDAU dr. Iman Hendarman, Sp. A, M. Kes., mengungkapkan, oksigen menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting dalam penanganan pasien Covid-19.

Bacaan Lainnya

Belajar dari membludaknya jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 pada bulan Juli lalu,  dan terjadi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan oksigen, maka pihaknya mengusulkan untuk pengadaan oksigen kosentrator. 

“Kita memiliki kenyataan di lapangan masalah krisis oksigen yang sempat melanda kita pada saat gelombang dua bulan Juli.  Sempat kesulitan di stasiun pengisian pengisian di Lampung Tengah, dan hampir semua rumah sakit mengandalkan stasiun pengisian tersebut,” ungkapnya.

Karenanya dengan pengadaan oksigen konsentrator maka akan mengurangi ketergantungan pasien terhadap oksigen liquid. Sehingga kedepannya oksigen likuid hanya digunakan untuk pasien-pasien bergejala berat atau membutuhkan oksigen yang tinggi. 

“Untuk pasien yang  membutuhkan oksigen rendah 10 liter per menit cukup dengan oksigen konsentrator, sehingga tabung kita konsentrasikan menangani pasien dengan gejala berat yang membutuhkan oksigen dengan kebutuhan tinggi,” ujarnya. 

Terusnya, terkait dengan obat-obatan Covid-19 dimana di luar Jawa dan Bali sempat kekosongan tak terkecuali di Lampung Barat, seiring dengan terus menurunnya jumlah terkonfirmasi Covid-19 ketersediaan obat-obatan sudah mulai normal. 

“Untuk pembelian obat-obatan sebenarnya bisa kita bayarkan dari BLUD tetapi sampaikan sekarang belum ada kejelasan dari pusat kapan klaim bisa dilakukan, dan saat ini yang terjadi di penyedia siapa yang  bisa bayar cash itu yang cepat mendapat, ” pungkasnya. (nop/mlo)


Pos terkait