Kurangi Penggunaan Herbisida, 6 Poktan di Sekincau Dapat Bantuan Mesin Potong Rumput  

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Enam Kelompok Tani (Poktan) berasal dari Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mendapatkan bantuan, Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa mesin pemotong rumput yang disalurkan Dinas Perkebunanan dan Peternakan, Kabupaten Lambar Senin (10/8).

Bantuan mesin rumput itu diberikan pemerintah secara cuma-cuma, dengan para petani yang tergabung dalam poktan yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan melalui penggunaan alistan, dengan keuntungan seperti mengurangi biaya operasional pemotongan rumput yang selama ini dilakukan secara manual.

Bacaan Lainnya

Sementara disisi lain, langkah menekan penggunaan herbisida sehingga kualitas hasil tanaman baik hortikultura ataupun jenis buah seperti kopi, lada dan lainnya akan lebih baik. Atau mengurangi dampak (residu) herbisida.

Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sekincau Almunir, S.P. menyebutkan, bantuan yang disalurkan Dinas Perkebunan dan Peternakan Lambar khususnya di Kecamatan Sekincau tahun ini sebanyak duabelas unit untuk Enam Poktan, dua unit di Pekon Pampangan, empat unit di Pekon Gihamsuka Maju, dua unit di Kelurahan Sekincau dan empat unit di Pekon Waspada.

Dimana bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Kadis Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Is.

“Pak kadis berpesan agar mesin tersebut dimanfaatkan secara baik dan dirawat agar mampu bertahan lama,” tegasnya. 

Dan atas nama Poktan penerima bantuan pihaknya menyampaikan terimakasih diberikannya bantuan tersebut. Diharapkan sesuai dengan tujuan pemerintah, petani mampu lebih baik dalam semua sektor usaha, memanfaatkan alsintan yang tujuannya untuk mempermudah petani bekerja dan mengurangi biaya pembelian herbisida, yang bukan saja harga jual yang tinggi tapi juga secara perlahan merusak kesuburan tanah. 

“Kami BPP juga akan terus memantau dan memberikan pembinaan kepada petani, seperti dalam pemanfaatan bantuan agar betul-betul menjadi sarana untuk memberikan kelancaran para petani dalam melaksanakan pemeliharaan usaha pertanian dan perkebunan,” tandasnya. (rin/mlo)




Pos terkait