Kwarcab Lambar Melaksanakan Gelar Pasukan Pramuka Peduli Pencegahan Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Lambar melaksanakan Gelar Pasukan Pramuka Peduli Pencegahan Covid-19 di komplek Pemkab, Selasa (11/5).      

Gelar pasukan pramuka peduli pencegahan Covid-19 itu dihadiri Ketua Kwarcab Nukman, Majelis Pembimbing Cabang, Andalan Cabang serta Kwartir Ranting dari 15 kecamatan di Kabupaten Lambar.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Lambar Nukman mengungkapkan, Presiden Republik Indonesia selaku Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka telah memerintahkan kepada seluruh anggota untuk membuat dua gerakan nasional yaitu gerakan kedisiplinan nasional untuk mendorong masyarakat disiplin protokol kesehatan serta gerakan kepedulian nasional sebagai upaya mengajak masyarakat peduli lingkungan. 

“Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi, tetapi dua gerakan tersebut akan semakin mengasah jiwa dan karakter dalam memperdalam jiwa pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Ini juga sesuai dengan dua komitmen kabupaten kita yaitu sebagai kabupaten tangguh bencana dan kabupaten konservasi,” ungkap Nukman.

Menurut dia, menjadi seorang Pramuka adalah merupakan amanah yang harus dijaga dengan penuh kesungguhan dan niat yang timbul secara sukarela sebagai pilihan moral dan panggilan jiwa, sebagai sikap bela negara yang akan tetap timbul bahkan dalam keadaan pandemi Covid-19 saat ini.

“Dengan semakin dekatnya hari raya Idul Fitri, kita diminta untuk semakin waspada dan lebih menyiapkan semua unsur yang kita miliki untuk mencegah penyebaran Covid-19,” katanya.

Sementara Ketua Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwarcab Lambar Alyasir, dalam laporannya mengungkapkan, tujuan kegiatan gelar pasukan pramuka peduli pencegahan Covid-19 yaitu untuk melaksanakan peran pramuka dalam pencegahan Covid-19 di Kabupaten Lambar dalam rangka mendukung komitmen Pemkab Lambar sebagai kabupaten tangguh bencana. 

Ia menjelaskan, kegiatan peduli penanganan Covid-19 ini berupa pembagian 100 buah sarana cuci tangan bagi pelaku usaha kecil di titik titik keramaian, pembagian 1.500 masker, penyemprotan desinfektan oleh Tim Reaksi Cepat Peduli Pramuka serta sosialisasi keliling pencegahan Covid-19

“Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh kecamatan di Kabupaten Lambar,” ungkap Alyasir.              

Sekretaris Kwarcab Kabupaten Lambar Erwansyah menambahkan, dengan adanya kegiatan Gelar Pasukan Pramuka Peduli Pencegahan Covid-19 tersebut diharapkan  menumbuh kembangkan dunia pendidikan terutama gerakan pramuka agar peduli untuk pencegahan Covid-19 dan mengajak masyarakat  supaya bersama-sama memerangi Covid-19. 

“Penyemprotan Desinfektan ini diawali dari Masjid Baiturrahim komplek Pemda, Taman Hamtebiu serta dilanjutkan di sejumlah fasilitas umum, seperti masjid, pasar, dan sekolah yang tersebar di 15 kecamatan,” pungkas dia.(lus/mlo)


Pos terkait