KWT Kenanga Sukarame Sukses Budidayakan Beragam Tanaman Sayuran

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kelompok Wanita Tani (KWT) Kenanga, Pekon Sukarame, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat sukses  membudidayakan beragam jenis tanaman sayuran pada demplot yang merupakan program bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Lampung Barat. 

Kini, salah satu program bagian dari gerakan pangan mandiri tersebut mulai menampakan keberhasilan dan setidaknya 30 orang yang tergabung dalam kelompok tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumsi sayuran bagi kelompok.

Bacaan Lainnya


Peratin Sukarame, Takzim mengatakan bahwa wilayahnya yang merupakan salah satu sentra hortikultura itu memang mendukung untuk dijadikan demplot pembudidayaan komoditas tanaman hortikultura, sehingga sebelumnya pihaknya telah memfasilitasi KWT tersebut untuk mendapat akses program budidaya tanaman sayuran tersebut.

“Kami sangat mendukung program ini, karena jika saat ini hasil dari kegiatan pembudidayaan ini mampu memenuhi kebutuhan konsumsi bagi kelompok, kedepan diharapkan dapat berkembang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luas,” harapnya.

Dengan 30 anggota, lanjut dia, KWT Kenangan secara intensif merawat tanaman yang dibudidayakan dengan sistem piket yang telah ditentukan. Dan meski berada di perkampungan, tak menyurutkan semangat ibu-ibu anggota kelompok tani itu untuk mengembangkan tanaman sayur dengan memanfaatkan pekarangan milik masyarakat.

“Besar harapan kami kegiatan positif yang dilakukan ibu-ibu di pekon kami ini bisa memberikan penghasilan tambahan bagi keluarga. Kami berharap semakin banyak kelompok perempuan yang melakukan aktivitas ekonomi produktif seperti ini,” harapnya.

Disamping itu, pihaknya juga terus berharap ada bantuan secara kontinyu kepada kelompok ibu-ibu tersebut agar semakin produktif dan maju sehingga semakin sejahtera.

“Kalau bantuan, erat hubungannya dengan pemerintah. Semoga bantuan pemberdayaan masyarakat ini terus berkembang sehingga akan lebih banyak masyarakat yang terbantu untuk aktif dan produktif,” harapnya.(edi/mlo)




Pos terkait