Lagi! Luapan Sungai Waysemangka Rendam Pemukiman Warga 

  • Whatsapp

 Medialampung.co.id – Bencana banjir akibat luapan Sungai (Way) Semangka kembali melanda areal persawahan dan pemukiman warga di Pekon Kerang, Kecamatan Batubrak dan Pemangu II Kampung Sawah, Pekon Sukarame, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat, Sabtu (9/5/2020) sekitar pukul 20:30 Wib.

Dari Informasi yang dihimpun, ketinggian air rata-rata mencapai 60 Centimeter (CM), namun  warga setempat belum mengungsi.

Bacaan Lainnya



“Ya sungai way semangka kembali meluap, wilayah pemangku II kembali terendam dengan ketinggian air saat ini sekitar satu meter,” ujar Peratin Sukarame, Selamat Heryadi.

Kendati begitu, sejauh ini, warga setempat masih belum mengungsi karena masih melihat perkembangan situasi.

“Sebetulnya mereka kami imbau untuk segera mengungsi, tapi mungkin karena genangan air masih rendah, mereka masih bertahan. Kita berharap volume air tidak terus meningkat,” imbuhnya.

Terpisah, Peratin Kerang, Agus Cik mengatakan, sejumlah rumah sudah digenangi air sungai dengan ketinggian mencapai  40 Cm. 

“Sejauh ini kondisi genangan tidak terlalu tinggi, mudah-mudahan hujan mereda, sehingga air dapat berangsur surut,” harapnya.

Sementara, menyikapi kondisi cuaca di Lambar saat ini, Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus mengharapkan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Bencana dan Warga lebih waspada, dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. 

Untuk warga yang berada di wilayah  bantaran sungai diminta untuk sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Saya imbau Satgas dan warga lebih waspada dengan curah hujan yang cukup tinggi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Parosil singkat.(edi/mlo)



Pos terkait