Lahan TNBBS di Suoh Kembali Terbakar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di Kecamatan Suoh Lampung Barat (Lambar) tepatnya di Puncak Pelelangan Dusun Sidorejo Pekon Sukamarga kembali terbakar pada Rabu malam (23/10) sekitar pukul 20.00 WIB. Akibatnya sekitar satu hektare (Ha) lahan terbakar, beruntung pemadaman dilakukan dengan cepat sehingga kobaran api tidak sampai meluas.

Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki mengatakan, sesaat setelah menerima informasi bahwa ada kebakaran di lahan yang berada dekat dengan objek wisata danau lebar tersebut, pihaknya bersama masyarakat Pekon Sukamarga dan Pekon Gunungratu serta masyarakat peduli api dan kelompok wisata melakukan proses pemadaman.

Bacaan Lainnya



Proses pemadaman tidak berlangsung mulus, selain hanya menggunakan peralatan seadanya juga terkendala sulitnya sumber air di sekitar lokasi, sehingga pihaknya memutuskan untuk melakukan pemadaman dengan cara memutus jalur api, sehingga tidak terus meluas.

“Alhamdulillah, sekitar pukul 21.15 WIB api sudah bisa dipadamkan berkat kerjasam tim yang melakukan pemadaman dengan alat seadanya, namun luas lahan yang terbakar telah mencapai satu hektar,” ungkap Sulki.

Pihaknya tidak mengetahui persis penyebab dari kebakaran tersebut, namun dengan kondisi cuaca yang masih dalam musim kemarau, kebakaran masih cukup rentan terjadi, sebab sebagian besar lahan di wilayah itu dipenuhi ilalang, belum lagi di sekitar lokasi memang sering dikunjungi dan dilintasi wisawatan yang berkunjung.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama mewaspadai kekabakaran hutan, salah satunya dengan tidak membuang puntung rokok sembarangan, apalagi di sekitar lokasi wisata suoh itu sebagian besar ditumbuhi ilalang sehingga sangat rawan terjadi kebakaran,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait