Lakukan Deteksi Dini, Puskesmas Rapid Test Massal Sopir dan Pedagang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Upaya pencegahan Penyebaran wabah Covid-19 terus dilakukan, salah satunya  dengan melakukan Rapid Test massal terhadap masyarakat khususnya sopir angkutan umum dan para pedagangan kalangan yang kerap keluar masuk daerah, seperti yang dilaksanakan UPT Puskesmas Buaynyerupa, Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat, Rabu (9/9).   

Kepala UPT Puskesmas Buanyerupa Sardi S.K.M, mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mendeteksi lebih awal kasus-kasus konfirmasi agar dapat segera ditindak lanjuti dengan penanganan yang tepat untuk meminimalisir penularan.

Bacaan Lainnya



“Kegiatan Rapid Test akan kita laksanakan selama dua hari yaitu Rabu-Kamis (9-10/9). Dalam kegiatan ini Kecamatan Sukau mendapat alokasi alat Rapid Test sebanyak 150 unit, sementara pada pelayanan di hari pertama ini baru diikuti oleh 24 orang,” jelasnya.

Sementara, berdasarkan hasil Rapid Test terhadap 24 orang tersebut keseluruhan dinyatakan non reaktif namun kepada warga yang telah menjalani rapid test pihaknya mengimbau agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

“Semuanya non reaktif, dan mudah-mudahan hasil peserta yang akan mengikuti Rapid Test besok juga demikian, karena meskipun kerap berkunjung keluar daerah apabila mereka disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan maka potensi penularan dapat dicegah,” imbuhnya.

Selain itu, meski posko gugus tugas penanganan Covid-19 wilayah perbatasan Kabupaten Lampung Barat dengan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah ditutup. Namun, pihaknya juga terus melakukan upaya pencegahan dini dengan melakukan screening terhadap warga pendatang atau yang baru kembali usai berkunjung keluar daerah.

Puluhan warga telah dilakukan screening, namun hingga kini seluruh warga yang telah menjalani pemeriksaan tersebut dinyatakan dalam keadaan baik tanpa ada gejala yang mencurigakan.

“Kami tetap mengoptimalkan screening di setiap pekon, karena meski posko sudah ditutup, namun tim kita terus memantau setiap warga yang memiliki riwayat berkunjung keluar daerah, sejauh ini semua yang diperiksa dalam keadaan baik,” imbuhnya.  

Dijelaskannya, pemeriksaan suhu tubuh melalui Screening, merupakan salah satu upaya preventif dan antisipatif. Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengikuti SOP pencegahan yang telah disampaikan pemerintah yaitu dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan serta  berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kami mengimbau masyarakat dapat mencuci tangan dengan sempurna, hindari menyentuh bagian wajah, hidung, atau mulut sebelum mencuci tangan serta memproteksi diri saat berada di lokasi keramaian. Utamakan PHBS yang lebih penting,” pintanya. 

Disamping itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi melalui peran bidan desa dan pemerintah pekon agar dapat menyampaikan informasi tentang pencegahan Covid-19 ketika bertemu masyarakat serta melaporkan setiap ada masyarakat yang baru berasal dari luar daerah.

“Upaya pencegahan dini akan berhasil jika mendapat dukungan dari semua pihak, untuk itu peran serta dari seluruh lapisan masyarakat sangat diharapkan agar peduli dengan wabah ini seperti dengan penuh kesadaran apabila ada rekan atau  family yang berasal dari luar daerah untuk menjalani pemeriksaan terlebih dahulu di puskesmas sebagai antisipasi,” pintanya.(edi/mlo)



Pos terkait